ASUS X555QG Notebook Multifungsi yang Pas Dikantong




            Laptop sudah menjadi benda sehari-hari yang saya gunakan. Tanpa laptop, saya nggak mungkin bisa menghasilkan ratusan artikel dan empat novel yang udah terbit. Makanya untuk menunjung produktivitas sehari-hari saya ini, saya membutuhkan laptop dengan kinerja bagus dan nyaman untuk digunakan mengetik. Terus di waktu luang saya suka nonton drama Korea dan anime. Kadang nontonnya pun bisa maraton. Makanya laptop dengan grafis tajam, anti-lelet, dan tetep cool biarpun saya pakai berjam-jam, sangat saya dambakan. 


            Ngomong-ngomong soal laptop, saya sendiri cukup familier dengan merk ASUS karena sempat memilikinya (kok jadi kayak lirik lagu ya? haha). Sayangnya laptop ASUS saya itu udah rusak total #hiks. Dan saya baru tahu ternyata ASUS punya divisi laptop khusus gaming yang dipadukan dengan tema mainstream, namanya X Series. Jadi X Series ini adalah laptop dengan konsep irit, tapi punya spesifikasi-spesifikasi keren sehingga para pengguna pun akan merasakan banyak manfaat dalam sekali jalan. ASUS X Series ini baru banget diluncurkan akhir tahun kemarin dan langsung menarik perhatian banyak orang. Ada empat seri yang dikeluarkan yaitu, X550IK, X555QG, X555QA dan X555B.



            Dan saya langsung kepincut sama ASUS X555QG. Saya pun menyesal tau tentang ASUS X555QG. Soalnya liat spesifikasi laptop-nya, ugh! Kerennya kebangetan! Rasanya pengin langsung beli, tapi apa daya kantong saya lagi nggak ada isi ahaha. Akhirnya saya jadi terus ngebayangin laptop ini sepanjang hari. Efeknya kenapa jadi lebay seperti itu ya? Soalnya memang canggih dan spesifikasinya menurut saya di luar akal sehat banget. Kok bisa ASUS X555QG ini harganya bisa di bawah 9 jutaan?  
            Coba saya uraikan satu per satu spesifikasinya. Jangan sampai menyesal ya baca uraian saya ini. Saya nggak tanggung jawab kalau kamu jadi pengin kepunya juga wkwk. Jadi ASUS X555QG punya berbagai macam spesifikasi keren seperti:
1. Dilengkapi dengan AMD APU A12-9720P

            APU itu apa sih? Buat yang belum tahu, APU itu singkatan dari Accelerated Processing Unit. Bahasanya masih rumit ya? Buat lebih jelasnya, APU itu semacam otak utama dari komputer/laptop. Jadi nggak ada APU, laptop pasti nggak akan jalan wkwk. Karena semua kegiatan dan informasi diolahnya di sini. Bisa dibilang APU itu yang paling sibuk dibandingkan komponen-komponen laptop lainnya. Karena itulah harus milih APU yang punya kualitas tinggi. Semakin bagus kualitasnya, semakin bagus juga performa laptop secara keseluruhan.
            Dan yang keren-nya, ASUS X555QG ini menggunakan AMD A12-9720P. AMD dari dulu udah dikenal sebagai processor paling bertenaga karena tahan panas dan tahan diajak bekerja selama berjam-jam non-stop. Terutama buat mereka yang sering punya proyek desain grafis, videografis, game, dan pekerjaan-pekerjaan berat lainnya.
            AMD A12-9720P sendiri merupakan processor dari seri Bristol-Ridge yang baru dikenalkan di tahun 2017 kemarin. Karena termasuk baru, sudah dipastikan performanya lebih cepat dibandingkan processor-processor pendahulunya.
            AMD A12-9720P ini punya empat inti yang bekerja secara bersamaan. Bayangin aja ada empat inti lho! Itu artinya dalam satu APU ini terdapat empat otak yang memroses keseluruhan kinerja laptop ASUS X555QG. Makanya laptop ini tuh cucok banget dipakai buat multitasking. Buka banyak aplikasi pada satu waktu bersamaan itu dijamin nggak akan hang! Kecepatan standar APU ini sebesar 2,7 GHz dan itu juga masih bisa dimaksimalin hingga 3,6GHz. Wow! Ini sih udah termasuk laptop anti-lelet!
            Spesifikasi lengkap AMD APU A12-9720P bisa kamu lihat di sini:
Sumber: www.notebookcheck.net
2. RAM 8 GB dual channel

            Rata-rata laptop di luaran sana masih menggunakan RAM 4 GB, tapi laptop ASUS X555QG sudah punya RAM berkapasitas 8 GB. Meski agak beda sama APU, tapi RAM sama pentingnya dengan APU. Artinya tanpa RAM, laptop juga kagak bisa jalan! Wkwk. RAM ini memori yang menyimpan sementara data-data selama kamu bekerja. Kalau APU yang memroses biar aktivitas kamu di laptop jalan terus, RAM yang punya tugas merekam aktivitas-aktivitas kamu itu di dalamnya.
            Nah, yang bikin laptop ASUS X555QG keren adalah RAM-nya udah berkapasitas 8 GB. Karena kapasitasnya yang cukup besar, kamu pun jadi bisa melakukan berbagai macam aktivitas di laptopnya. Mulai dari buka video, main game, dengerin lagu, ngetik dalam satu waktu pun nggak masalah (asal kamunya nggak pusing sih haha).
            RAM-nya berkonfigurasi dual channel. Padahal komputer-komputer di luaran sana pun masih banyak yang satu channel. Kecepatan kinerjanya pun jadi dua kali lipat. Oh ya, kalau menurut kamu 8 GB masih kurang, RAM ASUS X555QG bisa banget lho di-upgrade sampai ke 16 GB!
3. HardDisk berkapasitas 1 TB

            Ngerii booo! Setelah sekian lama akhirnya ada juga laptop yang punya HardDisk dengan kapasitas 1 TB. Dulu-dulu perasaan HardDisk paling besar 500 GB (ketahuan deh tuanya haha). Nggak kebayang deh berapa banyak film, lagu, game, dan data-data lainnya yang bisa disimpan di ASUS X555QG. Yang jelas banyak banget! HardDisk dengan kapasitas yang besar juga membuat performa ASUS X555QG ini jadi lebih bagus.
4. Layar sampai 15,6” HD

            Karena ASUS X555QG dirancang sebagai laptop gaming entry level dan kegiatan multimedia yang berhubungan dengan grafis, maka layarnya pun dibuat lebih luas dibandingkan dengan laptop pada umumnya. Dengan layar hinggar 15,6” HD ini kamu jadi lebih nyaman bermain game dan menonton film hingga berjam-jam. Berasa nonton dan main game di televisi wkwk.
5. Grafisnya perpaduan antara GPU AMD Radeon R7 dan AMD Dual Grafis

            Selain processor-nya yang menggunakan GPU AMD Radeon R7, ternyata grafisnya pun mengandalkan kartu grafis diskrit yang didukung oleh AMD Dual Grafis. Lalu apa saja kelebihan AMD Radeon R7 dan AMD Dual Grafis? Yang jelas keduanya sangat dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam.
            Dua kekuatan grafis di atas membuat pacing gerakan gambar jadi lebih pas dan stabil. Pernah main game, tapi karena saking cepatnya, gambar yang ditampilkan malah pecah-pecah dan leletnya kebangetan? Nah, main game dengan ASUS X555QG nggak akan seperti itu. Gambar yang dihasilkan jernih, udah berasa kayak nonton di bioskop. Pas Streaming video juga nggak akan ada tuh ngeliat semut-semut berjalan di layar. Mau Full HD juga bisa banget.



            Oh ya untuk mengaktifkan Dual Grafis ini ada caranya. Kamu harus berkunjung dulu ke tab gaming. Kemudian masuk ke Global Setting dan ada pilihan CrossFire. Dual Grafis kamu pun bisa berjalan sebagaimana mestinya.
6. Teknologi Instant On

            Memudahkan kamu menyalakan laptop kembali dari keadaan sleep. Biasanya memang menyalakan laptop dari mode sleep cukup cepat, tapi berkat teknologi Instant On bakalan lebih cepat lagi karena sudah diatur hanya emakan waktu 2 detik! Cepet, kan? Jadi buat kamu yang suka lelah menunggu, fitur ini bisa kamu temukan di ASUS X555QG.
7. Teknologi IceCool

            Teknologi ini nggak kalah keren dari Instan On. Dengan IceCool, permukaan luar ASUS X555QG jadi terjaga suhunya. Karena mampu mengendalikan suhu dari dalam, kamu yang mengandalkan touch pad untuk pengoperasian laptop ini nggak akan merasakan kepanasan sekalipun. Paling tinggi hanya sekitar 35 derajat celcius. Keren, kan? Cocok banget jadi temanmu si pekerja keras yang terus-terusan di kejar deadline. Bayangin aja kalau nggak ada teknologi IceCool, tanganmu bisa aja kebakar lho :’D.
8. Suara jernih dan tajam dengan Audio SonicMaster dan AudioWizard

            Dua fitur keren ini membuat suara yang dikeluarkan oleh ASUS X555QG jadi terdengar jernih dan terasa pas di telinga. Hal ini karena suara yang dikeluarkan memang suara yang sudah semestinya dikeluarkan. Dilengkapi dengan fitur peredam gangguan suara sehingga suara yang dihasilkan akan tetap stabil. AudioWizard sendiri membuat pengguna bisa mengatur suara sesuai dengan keinginannya, ada mode untuk game, nonton film, mendengarkan lagu, dan masih banyak lagi.
9. Keyboard Ergonomis

            Keyboard-nya dirancang agar pengguna nyaman menggunakannya. Mengetik di ASUS X555QG ini pun bisa mengurangi typo karena keyboard-nya bertipe chiclet. Ruang antara tuts-nya dibuat lebih luas. Lalu karena ruangannya lebih luas, kamu juga akan lebih mudah membersihkannya. Hayo ngaku siapa yang jarang bersiin keyboard laptop gara-gara jarak tuts-nya yang tipis-tipis banget?
            Lalu sekarang bagian nomornya tidak hanya ada di atas, tapi ada juga di bagian kanan. Jadi desain keyboard-nya dibuat seperti komputer-komputer di luaran sana. Buat berhitung juga jadi cepat dengan keyboard ini.
10. Touch Pad luas dan lebih sensitif

            Apalagi buat yang punya jari-jari panjang, akan nyaman sekali menggunakan ASUS X555QG. Gerakan cursor sesuai dengan gerakan jarimu di touch pad. Jadi pas main game atau lagi mengetik kamu tidak akan terhalang kendala touch pad yang lelet.
11. Baterai lebih tahan lama

            Perlu diketahui baterai ASUS X555QG nyatu dengan laptopnya, jadi tidak bisa dibongkar-pasang gitu aja. Itu artinya kamu tidak perlu takut ketika tiba-tiba mati lampu, karena baterai-nya yang selalu terpasang itu akan memmbuat ASUS X555QG-mu tetap menyala. Baterai-nya menggunakan Lithium Polymer. Dan bisa tahan hingga 2,5 jam untuk pemakaian normal tanpa beban.
12. Port-port untuk menambah kinerja laptop

            Port-port yang disediakan untuk menambah kinerja atau membuat kegiatanmu jadi lebih mengasyikkan ada banyak lho. Berikut ini adalah daftarnya:
  1. Microphone-in/Headphone-out: Buat merekam suara menggunakan mikrofon dan mendengarkan suara melalui headphone.
  2. VGA For External Monitor: Untuk output ke proyektor, televisi, atau benda-benda elektronik dengan layar lebih besar lainnya. Namun tidak mampu mentransmisikan suara.
  3. USB 3.0: kecepatan transfernya mencapai 400 MB/s. Bisa disambungkan dengan perangkat yang memiliki USB 2.0.
  4. USB 3.1: Salah satu kelebihan dari ASUS X555QG adalah karena adanya port 3.1. Port yang tidak repot digunakan karena ketika kamu memasang perangkatnya kamu tidak akan salah pasang. Bagian samping, atas, dan bawahnya serupa sehingga bisa digunakan secara fleksibel. Jadi menggunakan port ini selain transfernya yang cepat, akan menghemat waktu juga.
  5. RJ45 LAN: port yang menghubungkan laptopmu dengan internet berkabel LAN.
  6. HDMI: Fungsinya hampir sama dengan port VGA. Yang membedakannya adalah bentuknya yang tipis dan mampu mentransmisikan suara. Jadi port ini jauh lebih praktis.
  7. Port Kensington Lock: Port untuk pemasangan kunci Kensington biar laptopmu nggak kemalingan. Kunci ini bisa disambungkan dengan meja yang ada di bawah laptop. Jadi bisa menggagalkan niat pencuri karena dia nggak mungkin bawa laptop sambil bawa mejanya juga haha.
13. WebStorage untuk akses data kapan pun dan di mana pun

            Fitur yang akan memudahkan kamu menyimpan data selama sedang online. Bisa video, foto, dan data-data penting lainnya. Bisa untuk sharing juga ke sesama pengguna WebStorage. Dengan adanya WebStorage ini kamu bisa mengurangi data yang tersimpan di HardDisk dan dijamin tidak hilang karena keamanannya termasuk bagus.
14. Garansi 2 tahun

            Kartu garansi disediakan ketika kamu membelinya. Jadi pastikan kamu menyimpannya baik-baik. Bila ASUS X555QG ada masalah segera hubungi ASUS Service Centre terdekat. Untuk mengetahui ASUS Service Centre di kota kamu, kamu bisa mengunjungi website ASUS Service Center.
Secara keseluruhan jika disingkatkan, inilah spesifikasi yang dimiliki ASUS X555QG:

Main Spec.
ASUS X555QG
CPU
7th Gen AMD® APU A12-9720P (2M cache up to 3,6GHz) / AMD A10-9620P (2M cache up to 3,4GHz)
Operating System
Windows 10
Memory
8GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
Disk Drive
DVD-RW 8x
Storage
1.000 GB HDD 5400rpm
Display
15,6” Full HD (1366x768) 16:9 Anti Glare
Graphics
AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX / Radeon R7 + R5 430 Graphics
Input/Output
1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
Audio
Built-in Speakers And Microphone, SonicMaster Lite Technology, ICE Power support
Dimension
38.2 x 25.6 x 2.58 cm (WxDxH)
Weight
2.20Kg with battery
Battery
2 Cells 37 Whrs
MSRP
Rp8.199.000 / 7.649.000
Warranty
2 Tahun Global
Sumber: Press Release ASUS X555QG
Kesimpulan:
            Jika melihat spesifikasi-spesifikasi keren ASUS X555QG di atas, nggak salah lagi deh kalau laptop ini disebut-sebut sebagai laptop yang ideal untuk mahasiswa, para pekerja dengan mobilitas tinggi yang sering dikejar-kejar deadline, dan mereka yang sering memanfaatkan hiburan multimedia. Siapa aja bisa menggunakannya dengan berbagai kepentingan karena ASUS X555QG memang multifungsi. ASUS X555Q cucok banget disebut sebagai Laptop For Everyone.
            Harga resmi yang dikeluarkan ASUS untuk ASUS X555QG adalah berkisar dari Rp. 7.649.000 hingga Rp. 8.199.000. Dengan berbagai macam spesifikasi keren di atas, harganya pun masih di bawah 9 juta rupiah. Nggak mengherankan jika ASUS X555QG ini lagi banyak yang incer, termasuk saya ^^/. 



            Lagi-lagi saya mau bilang, kalau saya masih menyesal kenapa bisa tahu tentang ASUS X555QG karena jadi kepingin banget >.<. Kapan saya bisa memilikinya? :’D. Semoga saja dalam waktu dekat ini wkwk.

Sumber:
1. Press Release ASUS X555QG
2. About ASUS X555QG: ASUS Indonesia
3. ASUS X555QG beserta gambar dari AMD Indonesia

            Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

Share:

4 komentar

  1. Terima kasih sudah ikutan Blog Competition ASUS AMD Laptop for Everyone. Good luck ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Allah. Sama-sama, Mbak. Makasih juga ^^

      Delete
  2. Wah keren banget dah laptopnya, moga sukses artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, keren Mas hehe. Amin Ya Allah. Terima kasih, Mas ^^

      Delete