[MANGA OF THE YEAR] REVIEW TOKYO GHOUL

Assalammu’alaikum, Guys :D
Setelah sekian lama akhirnya saya mau review apa yang saya baca belakangan ini. Saya lagi keranjingan baca Tokyo Ghoul, manga yang lagi naik daun di Jepang, Mangakanya bernama Ishida Sui. 14 volume manganya udah kejual sekitar 12 juta copy dan kemungkinan bakal semakin bertambah karena sekarang sudah ada sekuelnya Tokyo Ghoul:re. Di Indonesia doakan saja manga ini diterbitkan sama Elex Media Komputindo, katanya sedang dalam pertimbangan. Karena belum ada manga versi Indonesianya, saya jadi baca scanlation-nya.
Manganya memang nggak sepopuler One Piece dan Naruto, namun pas di tahun 2014 kemarin Tokyo Ghoul menyabet Complete Manga Prize 2014, ngalahin Naruto yang ada di posisi dua wohoooo!. Polling itu dilakukan oleh Japanese Gadget Tsushin, jadi yang pilih orang Jepang sendiri :3.
Saya sendiri tahu manga ini pertama dari nonton anime-nya. Sebenarnya manga ini jauh dari tipe manga shounen dan shoujo yang suka saya baca. Tokyo Ghoul itu tipe manga Seinen, yang ceritanya lebih gelap, lebih berat, dan tingkat kesadisannya bikin saya sering nutup mata setiap nonton animenya wkwkwk. Yup, pembaca manga ini ditargetkan untuk 18 tahun ke atas, tapi ini bukan manga bertema dewasa dengan adanya cewek-cewek seksi (ada sih, tapi jarang banget), intinya manga ini punya gore tingkat dewa hoho. Jadi buat kamu yang eneg lihat gambar potongan-potongan tubuh manusia dan tebaran darah yang buanyaaak banget saya sarankan jangan baca atau nonton anime ini (untungnya halaman manga-nya nggak berwarna sih, banjir darah dianimenya juga disensor).
Cuma jalan cerita manga ini layak banget buat diikuti buat kamu-kamu yang suka KEJUTAN dan TWIST yang bakal bikin kamu pengen tahu kelanjutannya.

Berikut ini sinopsis Tokyo Ghoul yang saya rangkum:
Tokyo Ghoul menceritakan kehidupan pemuda berumur 18 tahun bernama Ken Kaneki yang tadinya seorang manusia biasa, tiba-tiba suatu saat karena sebuah kejadian mengenaskan yang ia alami, ia mendapatkan transplantasi organ tubuh dari seorang monster, dan hal tersebut membuat dia jadi setengah monster setengah manusia :').
Monster itu biasa disebut ghoul. Disebut monster karena ghoul cuma bisa makan daging manusia. Lidahnya nggak bisa mengunyah dengan enak makanan-makanan yang biasa disantap manusia. Rupa mereka memang sama dengan manusia, namun kalau sudah kelaparan mata mereka bakal berubah merah.
Kaneki Ken lalu bertemu sama Kirishima Touka, seorang gadis yang merupakan ghoul juga. Awalnya si Touka ini benci sama Kaneki karena dia sok-sokan nggak mau mengakui kalau dia sekarang adalah ghoul, tapi pas Kaneki minta tolong akhirnya Touka ngebawa dia ke Yoshimura, ghoul kakek-kakek yang baik hati yang membantunya biar mengerti dunia ghoul sendiri.
Karena Kaneki memang nggak bisa menerima dirinya yang sekarang menjadi ghoul, kehidupannya juga sering terancam bahaya. Apalagi ada CCG, polisi khusus yang memburu para Ghoul. Cuma polisi ini suka rese, ghoul yang nggak membunuh manusia juga sering dibunuh. Jadi ada ghoul yang nggak tega bunuh manusia, sehingga mereka memilih makan manusia yang sudah jadi mayat.
Tapi bagi manusia ghoul tetap ghoul, yang suka makan daging manusia jadi semuanya harus diberantas. Oh ya, kamu juga bakal disuguhi pertarungan sengit yang nggak kalah seru sama pertarungan yang biasa ada di manga shounen.
Oh ya, manga ini punya tingkat drama dan angst yang tinggi, jadi bisa membuat kamu tersentuh sama kehidupan Kaneki Ken ini :’D. Sekarang dia jadi karakter cowok favorit saya.
Ini karakter Kaneki Ken yang berambut hitam dan putih. Oh ya warna rambutnya berubah karena suatu hal. Terus para ghoul biasanya menggunakan topeng saat bertarung biar nggak ketahuan wajah aslinya sama para pemburu ghoul.
Kaneki Ken rambut hitam

Kaneki Ken rambut putih

Kaneki Ken pakai topengnya
Ini yang namanya Kirishima Touka. Dia juga jadi karakter cewek favorit saya. Sebenarnya karena saya ini adalah cewek, jadi saya lebih banyak suka sama karakter-karakter cowok di manga/anime, tapi menurut saya Touka itu keren. Yang terpenting Touka nggak cengeng (sejauh yang saya baca dia jarang nangis) dan kuat pas bertarung >.<. A true heroine. \^^/

Kirishima Touka

Ini yang namanya Yoshimura.

Jadi, gimana? Kamu mau baca Tokyo Ghoul juga? :3

Share:

8 komentar

  1. Replies
    1. coba cari di www.wardhanime.net sama www.oploverz.com :)

      Delete
  2. Baru tau gegera ada live action nya. Akhirnya kepo di anime nya. Cari" sinopsisnya di gugel dulu lah biar setidaknya tau dikit sama tokyo ghoul, eh nemu blog ini. :D
    Iya bener kak, aku udh liat maraton yg S1 sama s2. Gilaaaa kereeennn. Dari genre nya sih udah Yes bgt masuk list wajib buat di tonton. Dan beneran. Sesuai ekspektasi. Yosh!!! Kereenn!!!
    Aku jg suka kaneki-kun <3 sama touka-chan <3
    Drama dan angst nya dapet bgt. Entah knp tiba" mewek pas kakek yoshimura mati di s2 epi10/11 itu. Sama pas hide mati.. Kerasa bgt gimana rasanya jadi anteiku sama jalan hidup si kaneki-kun. Hh. Okeh. Overall ini bagus bgt bagi anak yg baru mengenal anime macem sya xDxD
    Oya kak ini ada season ke3 nya kah?
    Soalnya berasa nggantung gitu di akhir s2 .-.
    Ppyeong~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk iya memang keren ceritanya. Sampai sekarang masih ngikutin manganya soalnya penasaran sama endingnya.

      Season 3 belum ada kabar. Doain aja secepatnya hehehe

      Delete
    2. Yg kutahu cerita di manga nya lebih seru ya? Waa pengen baca juga haha
      Bagi link buat baca manga nya dong kak :D

      Delete
    3. Iya, lebih make senses. Soalnya anime dibedain gitu ceritanya jadi agak aneh.
      Btw season 3 udah ada kabar tahun 2018, tapi belum jelas jadwalnya.

      Mau baca manganya udah ada yang terbit di Indonesia terbitan M&C :3, kalau mau versi lebih cepet coba ke www.mangahere.com atau www.mangasail.com

      Delete