[Review] Slam Dunk VS Kuroko no Basuke

Assalammu’alaikum, Guys.
            Kali ini saya mau bahas tentang Slam Dunk dan Kuroko no Basuke. Dua-duanya anime favorit saya, meski begitu untuk saat ini saya memang lebih menyukai Kurobas dibandingkan Slam Dunk. Hal ini karena masanya aja sih, yang lagi kekinian kan Kurobas. Animenya baru aja tamat, saya sedih ;’(, tapi endingnya indah jadi berkesan banget buat saya :D.
Kurobas season 3 episode 25
            Dua anime ini punya satu kesamaan, sama-sama punya tema olahraga basket. Jujur aja, di kehidupan nyata saya payah banget main basketnya. Pernah dribel nyaris menggelinding :’D, nonton pertandingan basket nyata juga saya nggak begitu suka haha.
            Tapi nggak tahu kenapa saya suka nonton anime berbau basket. Ini gara-gara sahabat saya, Uci-chan yang ngenali saya sama anime Slam Dunk. Saya jadi ketagihan. Waktu itu dalam waktu beberapa hari saya ngabisin maraton anime yang kocak itu. Emang sih animenya laki banget (saya emang lebih suka anime buat cowok ketimbang yang cewek hoho), cuma humornya itu nggak ada matinya deh. Apalagi pas Hanamichi udah berulah, terus si Rukawa yang cool itu ngeladenin ulahnya, terus ngebuat si Akagi tambah ngamuk haha.
Hanamichi dan Rukawa rebutan nge-dunk XD
            Slam Dunk sampai sekarang masih masuk sebagai manga yang penjualannya cukup tinggi yang pernah diterbitkan Shonen Jump. Meski banyak yang kecewa sama endingnya yang terlalu realistis (termasuk saya), tapi mau bagaimana lagi, memang ceritanya realis banget, kan? Di situlah keunikannya Slam Dunk. Saking realistisnya banyak yang memohon sama Takehiko Inoue supaya ngebuat sekuelnya, tapi sayangnya sampai sekarang dia nggak mengiyakan.
            Slam Dunk menceritakan Hanamichi Sakuragi, cowok berandalan yang hobi berantem, tiba-tiba memutuskan masuk ke klub basket di sekolahnya karena seorang cewek yang dia suka, namanya Akagi Haruko. Hanamichi ini nggak punya kemampuan main basket. Tapi perkembangannya cepat banget. Yang paling kocak itu pas awal-awal ikut tanding basket, doi sering dikeluarin di tengah pertandingan karena dapet foul 5 kali haha. Soalnya Hanamichi ini memang masih kurang pengalaman main basket.

            Sekarang beralih ke Kurobas sebentar. Saya tahu Kurobas dari forum anime yang sering saya kunjungin, mereka banyak merekomendasikan. Akhirnya saya simpan file-nya dalam laptop, nyaris enam bulan saya diamkan karena belum tertarik banget buat nonton. Terus saya iseng beli dua komik Kurobas yang diterbitkan sama M&C. Baca jilid pertama dan kedua langsung membuat saya ketagihan, saya pun akhirnya nonton maraton anime-nya dan saya jadi nyesel kenapa dulu diemin anime itu selama nyaris setengah tahun. Plotnya bagus, meski humornya nggak sekocak Slam Dunk, banyak perbedaan antara Slam Dunk dan Kurobas yang membuat saya tetap penasaran sama Kurobas.
            Sebenarnya pas ngeliat Kurobas ada jurus-jurus kayak Naruto saya ketawa. Tapi akhirnya saya bisa menerima bagian itu sebagai difernsiasi dari manga-manga berbau basket yang lain. Yang saya suka dari Kurobas lagi ceritanya yang lebih drama dan persahabatannya yang kuat. Kalau di Slam Dunk tim pebasketnya adalah kumpulan orang-orang yang berusaha menepiskan ego mereka saat bertanding basket, kalau di Kurobas ikatan mereka lebih kerasa. Pas Kuroko ditinggalin karena kemampuannya nggak diperlukan lagi sama teman-temannya yang disebut Kiseki no Sedai, itu ngenes banget lho :’D.

            Saya suka juga sama artwork-nya Fujimaki Tadatoshi yang ngebuat para ikemen (cowok-cowok ganteng) bertebaran di Kurobas.

            Di Slam Dunk saya suka sama Kaede Rukawa. Karakternya meski digambarkan sempurna pas main basket (sering biking Hanamichi ngiri), tapi dia juga punya kelemahan yang sering bikin saya ketawa. Doi kadang suka ketiduran sambil bersepeda dan sepedanya jatoh deh XD.

            Kalau di Kurobas saya demen banget sama Akashi Seijuurou. Karakter ini baru muncul di Kurobas di chapter ratusan (lupa dichapter berapa). Awal-awal nggak ada yang merhatiin. Namun sekali muncul langsung ngelibas Kuroko Tetsuya, nempatin nomor satu polling karakter favorit di Jepang sana. Karakternya unik. Punya dua kepribadian yang berbeda. Akashi ini memang hebat di segala bidang (kecuali ngelawak) dan dia juga nggak pernah ngelakuin hal konyol. Tapi yang saya nggak nyangka, ternyata Akashi lebih gentle dibandingkan Kuroko (Coba baca manga Kurobas Replace Plus). Apalagi yang jadi pengisi suaranya juga seiyuu favorit saya sepanjang masa, Kamiya Hiroshi (Levi Ackerman-Attack On Titan, Yato-Noragami, Minamoto Kouji-Digimon Frontier), ke-kerenannya semakin bertambah 0////0.

            Memang banyak yang membandingkan Slam Dunk dan Kurobas ini. Banyak yang bilang dari segi cerita masih bagusan Slam Dunk (penjualan manga jauh lebih tinggi Slam Dunk sih, tapi bisa jadi Kurobas juga nanti nyusul). Tapi karena saya suka dua-duanya, saya sih nikmatin aja tanpa harus ngelihat mana yang lebih bagus ceritanya. Dua-duanya punya tempat spesial di hati saya #halah.

            Jadi, buat kamu yang suka main basket atau manga berbau basket, kamu nggak gaul kalau belum nonton Slam Dunk sama Kurobas, soalnya saya aja yang nggak bisa dan nggak tertarik sama basket suka nonton dua anime keren itu :3. 

Share:

15 komentar

  1. hmm entah itu persahabatan atau bromance ... kalo boleh jujur persahabatan cwo ya slam dunk karena sedeketnya cowo ga gitu gitu amat ... tapi berhubung yang buat web ini cewe pasti bakal lebih milih kuroko emang kuroko itu kayak di tujukan buat cewe terlihat dari karakter kuroko yang lebih mirip boyband ketimbang basket player... jadi gw bisa jamin 90%cewek lebih milih kuroko dan 90% orang yang suka anime action kek tsubasa ,inazuma eleven juga milih kuroko soal nya itu bukan basket ... tapi gw jamin 90% yang bener bener suka manga basket karena natural nya basket bakal milih slam dunk unsur drama pas, humor pas dan jagoan ga selalu menang ... gw milih slam dunk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bromance? Berhubung aku ga tlalu suka sm sho-ai/yaoi dll, dan aku juga bukan fujoshi, aku anggepnya persahabatan.

      Oh ya, diatas aku juga menyebutkan aku lebih suka Kurobas karena masalah waktu, yang lagi IN sekarang kan Kurobas. Aku emang akuin dari segi cerita Slam Dunk jauh lebih bagus ya karena emang terlihat lebih realistis, untuk segi penjualannya aja emang gabisa ditandingin sama Kurobas. Kalau masalah artwork sih Fujimaki-sensei memang terlihat lebih bagus dibandingkan Inoue-sensei.

      Lho? Kuroko juga pernah kalah kan pas lawan Aomine. Di seri Extra Game juga Seirin peringkatnya nggak terlalu bagus di Interhigh.

      Delete
    2. Oh ya kelupaan, Slam Dunk dan Kurobas itu di Jepang diterbitkan Shounen Jump, lini dari penerbitan Shueisha yang khusus buat remaja cowok, jadi Slam Dunk dan Kurobas itu dikhususkan buat cowok2, tapi mereka nggak ngelarang cewek buat baca manga-nya juga

      Delete
    3. Saya cewek tapi lebih milik Slam dunk karena permainan basketnya lebih realistis... Jujur di kuroko gue agak terganggu sama kekuatan super power yg sungguh mengada2, dan kalo urusan wajah saya juga suka slam dunk karena unik hehe..

      Delete
  2. Huihihi... baru baca blog ini. Saya malah baru lihat 2 episode pertama Kurobas langsung boring. saya cewek, main basket, saya suka basket but Kurobas is too unreal... dalam arti yg sebenernYa. menurut saya sihh.. muka-muka tokohnya Kurobas ngga ada yg bisa ngalahin gantengnya Mitsui apalagi Sendoh... slam dunk way better imo

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha memang masalah selera sih ya. Saya suka sama teknik gambar yang nggak terlalu banyak arsirannya, makanya saya lebih suka artwork dari Kurobas. Dua2nya ada di hati saya kok Kurobas sama Slam Dunk

      Delete
  3. Dari segi plot memang berbeda...dimana fokus ceritanya karakternya kurobas memang di caption oleh 7 karakter utama: kiseki sedai, six phantom dan kagami, sedangkan slam dunk, lebih ke arah individual per plot: contoh: hanamichi, ke rukawa, miyagi ke mitsui, akagi ke uzumi, maki ke sendoh dst...tetapi dua2 bagus..walau dari arah persepsi dan sudut pandang yg berbeda..gw maen basket..jujur bisa dapet inti dari sebuah team, mau jago harus banyak berlatih, jangan ingat kegagaln masa lalu( kasus mitsui) ..anyway recomennded buat ditonton buat penggemar basket😄

    ReplyDelete
  4. kl dari Segi plot dan ceritanya si menurut saya pribadi Slam Dunk lebih bagus, tapi ga ada salahnya kalo suka dua duanya

    ReplyDelete
  5. Gak keitung berapa kali baca slamdunk ampe tamat..kuroko cuma smpe episode 20an..manganya sih belum...anime oun karna dicekokin temen...

    Overall buat saya pribadi, kalo kategorinya manga, Slam Dunk jauh lebih mentereng. Lupain soal penjualan, karna rentang waktu rilisnya jg satu dekade lebih. Dari segi artwork, bagi ilustrator artwork manapun, Inoue-sensei udah paling top di jajaran mangaka. Detailnya luarbiasa. Sekelas (malah mungkin lebih baik) dari ilustrator komik dc/marvel. Apalagi kalo ngikutin manga dari awal kerasa perubahan artnya makin matang. Sedangkan kuroko artnya lebih kekinian. Mungkin karna udah era harajuku. Kalo di kasih nilai 1-10 artnya Slamdunk: 10 , kuroko: 7
    Dari segi cerita lebih intens Slamdunk. Kerasa gimana Inoue kasih threatment buat masing2 karakter ngebangun ceritanya masing2. Ceritanya pun sebenarnya sederhana, tapi threatmentnya yg bikin geleng2. Inoue jenius. Contoh: gimana inoue ngebangun karakter sakuragi. Dari awal sampe tamat kelebihan yg dipunya sakuragi cuma kekuatan fisik doang. Ga ada jurus-jurus rahasiaan segala. Justru sebaliknya, awal cerita kuroko saya udah ga ngerti arahnya mau dikemanain. Ini soal ambisi pribadi si kuroko atau gimana. Terus perkembangannya kok jadi makin absurd. Hehehe.
    Intinya Slam Dunk itu master piece nya manga sport. Fyi, berkat manga slam dunk akhirnya Jepang punya kompetisi basket profesional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt, sayangnya dulu ada masalah sm pihak studio animasi jd Slam Dunk ga dapet lanjutan atau bahkan remake.

      Delete
  6. menurut gua, slamdunk lebih realistis ya..., kalo kuroko pake jurus jurus gitu. karena ini tentang basket, kenapa harus ada jurus ? kalo slamdunk, misalnya sakuragi hanamichi, diawal awal dia latihan terus, ga nyerah, akhirnya bisa melakukan hal yang membuat semua orang terkejut. bahkan ada juga saat sedih di slamdunk. jadi menurut saya, slamdunk emang the best

    ReplyDelete
  7. Menurut ku , Kuroko no basket lebih seru dari slam dunk karena kuronobas itu dari awal langsung pada intinya ga bertele-tele kalau Slam dunk itu awalnya agak bertele-tele jadi aku nonton kuronobas udah berkali-kali aku ulang tapi ga bosen tpi Slam dunk baru 3 eps sudah bosen #maaf paket akun mamaku:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bertele tele darimananya? teknik dasar itu penting, makanya jangan cuma ngalap karakternya. lihat plotnya, perkembangan karakternya.

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete