Menabung Anti Galau, Menabung Pangkal Bahagia



Setuju nggak kalau galau itu udah kayak jelangkung gentayangan di kehidupan kita? Dia datang tiba-tiba, nggak ada angin, nggak ada hujan, nggak pernah di diundang juga. Tiba-tiba aja nyerang gitu, terus kita jadi nggak berdaya karena nggak cukup punya benteng yang kuat buat menghadapinya. Penyebab galau itu bermacam-macam. Coba kita perhatikan satu per satu penyebab galau di bawah ini, pasti pernah kejadian sama kalian juga.
1. Dililit utang
Minjem uang ke keluarga atau teman terdekat jadi solusi paling mudah kalau lagi kepepet butuh uang. Sayangnya buat balikin uang tersebut kadang butuh perjuangan berkali-kali lipat dibanding usaha minjemnya. Yang jadi pertanyaan kok bisa begitu ya?

2. Mikirin modal pernikahan
Entah kenapa nikah di zaman sekarang itu jadi super mahal. Dan sering banget kita temukan mereka yang ingin menikah dengan acara semewah mungkin, tapi modalnya nggak seimbang dengan impiannya itu. Akhirnya nekat pinjam uang sana-sini. Padahal maunya sih habis nikah bisa hepi, ini malah pusing tujuh keliling karena dikejar-kejar penagih utang.
3. Kebanyakan makan
Galau gara-gara kurang makan biasa. Galau karena kebanyakan makan itu yang harusnya diperhatikan juga. Dari sisi jasmani, kebanyakan makan bisa buat berat badanmu naik. Namun gawatnya, kebanyakan makan bisa berpengaruh juga buat kesehatan psikologis, terutama membuat kepercayaan diri menurun dan maunya sendirian aja.
4. Kurang piknik
Kurang piknik biasanya karena ada dua hal, nggak ada waktu dan nggak ada uang. Waktu itu sebenarnya kadang bisa diakalin, uang yang agak susah. Masa ia harus ngutang ke orang lagi?
5. Belanja nggak tanggung-tanggung
Siapa di sini yang hobi belanja barang diskon? Kadang barang diskon yang dibeli itu nggak termasuk ke dalam kebutuhan. Udah gitu, belanjanya dalam jumlah yang banyak. Jadinya suka nggak sadar uang tiba-tiba melayang entah ke mana, padahal dibelanjain buat barang-barang diskon.


Masalah-masalah di atas tampak sederhana, tapi sering membuat kita terjebak dalam kesulitan dan ujung-ujungnya stres. Jika dipikir-pikir lagi masalah di atas sebenarnya bisa diatasi dari jauh-jauh hari. Dan ajaibnya semua kegalauan di atas itu bisa dituntaskan dengan satu hal, yaitu menabung! Satu kata simpel yang bisa bikin perasaan orang pusing tujuh keliling mikirinnya. Ada juga yang merasa pesimis karena hatinya udah menyatakan nggak akan sanggup buat nabung. Berbagai macam alasan yang kita berikan biar nggak nabung. Coba kita renungkan baik-baik alasan-alasan di bawah ini.
1. Berat, biar nanti aja
Nanti-nanti akhirnya malah nggak sama sekali. Berat itu karena alasan gaji pas-pasan, biaya-biaya pada naik, dan alasan-alasan berat lainnya. Padahal sebenarnya nggak usah pake berat. Lebih tepatnya memang nggak ada niat sama sekali :(.
2. Nggak menguntungkan
Maka dari itu lebih memilih berinvestasi atau membuat usaha. Padahal ketika sedang investasi dan berwirausaha butuh tabungan juga. Kalau nggak ada, modalnya dari mana hayo?
3. Males ke bank
Males ke bank karena nggak punya waktu banyak. Kerja udah kayak kuda dari pagi sampai malam. Ada lagi alasannya karena harus ngantri. Duh, memang ada-ada aja alasannya :”).

Berbagai alasan yang digunakan biar nggak nabung. Ada juga yang bilang katanya nabung itu bisa bikin stress. Wah, itu pernyataan yang salah kaprah banget. Pernah nemuin kejadian ada orang yang masuk rumah sakit jiwa gara-gara nabung? Kalau ada coba kabarin ke saya biar saya ralat pernyataan saya ini. Nabung itu bisa menyehatkan secara rohani dan jasmani. Banyak banget keuntungan dari menabung, terutama dari sisi psikologis:
1. Anti galau
Sebagian problem dari kehidupan ini dikarenakan nggak ada uang. Terus kenapa bisa nggak ada uang? Ada dua hal penyebabnya, yang pertama adalah karena memang lagi nggak beruntung, yang kedua karena nggak nabung. Padahal sebagian besar dari masalah kita itu datang tiba-tiba alias bener-bener nggak bisa diprediksi. Wajar aja manusia-manusia galau jumlahnya bertambah setiap hari. Maka dari itu kita harus membuat benteng sedini mungkin untuk berjaga-jaga. Salah satu benteng itu adalah menabung, yang namanya galau pun bakal pergi jauh deh!

2. Fokus
Nabung itu bisa buat kita lebih fokus karena ada tujuan yang dicapai.

3. Mengendalikan diri
Percaya nggak percaya, nabung bisa membuat kita lebih bisa mengendalikan diri. Contohnya makan secukupnya, belanja secukupnya, dan sebagainya. Menabung juga lebih mampu membuat emosi kita stabil alias nggak cepet marah. Jadi menabung adalah hal sederhana yang bisa melatih kesabaran.
4. Percaya diri
Percaya diri karena ada uang yang cukup melamar si dia ecieeee! Tabungan Abang banyak, Si Eneng pun tambah jatuh cinta, tapi Eneng juga sebaiknya nabung biar Abang betah di rumah #apasih XD.
5. Harmonis
Menabung bisa membuat hidup kita lebih harmonis karena finansial kita terjaga dengan baik. Hubungan kita dengan sekitar pun berubah baik. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kita juga nggak akan gampang marah ke orang lain.
6. Melatih komitmen
Menabung itu melatih kita secara berkala untuk disiplin dan punya komitmen yang nggak meragukan. Orang yang punya komitmen tinggi dalam menabung, biasanya bakal punya komitmen tinggi dalam segala hal, salah satunya adalah berumah tangga #ihiy.

Nah, kalau sudah tahu keuntungan-keuntungan dari menabung, coba kita lihat tips-tips menabung agar proses menabung kalian sukses besar.
1. Sisipkan tabungan sedari awal mendapatkan uang
Biasanya yang punya gaji bulanan selalu kelupaan menabung karena uangnya digunakan dulu untuk hal lain, sampai nggak sadar tiba-tiba uangnya habis dan kelupaan menabung. Maka dari itu untuk menghindari hal ini, ketika mendapatkan gaji, langsung sisihkan uang gajimu untuk tabungan. Jika mendapatkan pendapatan dengan waktu yang tak menentu pun bisa menggunakan cara ini. Yang paling enak kalau dapat gaji harian, mengatur uang tabungan biasanya jauh lebih mudah.


2. Membuka beberapa tabungan bank
Pisahkan buku tabungan khusus menabung dan khusus kebutuhan sehari-hari. Biasanya kalau disatukan uang untuk menabung tiba-tiba digunakan dan harus memulai dari nol lagi.
3. Simpan dalam beberapa amplop
Ada niat nabung, tapi males banget harus ke bank. Yaudah nih, ada cara yang lebih sederhana. Siapkan beberapa amplop yang dituliskan label berbeda-beda. Misalnya ada amplop untuk traveling, amplop untuk beli ponsel baru, amplop untuk sekolah, dll. Jumlah uang yang dimasukkan ke dalam masing-masing amplop bisa kamu tentukan sendiri. Jangan lupa taruh di tempat yang aman ya.

4. Nabung dari kembalian-kembalian berjumlah kecil
Biasanya yang ini dalam bentuk uang receh atau uang kertas seribuan dan dua ribuan. Kamu bisa menyimpannya di dalam sebuah wadah setiap kali mendapatkan kembalian seperti ini. Dan jangan kaget ya setelah kamu menghitungnya kok jumlahnya sudah bisa buat naik haji.


Sekarang kamu sudah tahu kan bahwa menabung itu banyak manfaatnya, terutama untuk kesehatan kita sendiri? Sudah sewajarnya menabung menjadi bagian dari hidup kita. Menabung nggak cuma bisa membantu kamu buat menggapai cita-cita, tapi juga bisa membuatmu jauh dari kata galau. Jadi menabung bisa membuatmu bahagia! Semangat menabung!



Share:

2 komentar

  1. Saya juga suka menabung. Simak pengalaman saya menabung hingga akhirnya bisa punya rumah saat masih muda sebelum nikah di bog saya di di http://www.amir-silangit.com/2018/07/karena-menabung-impianku-memiliki-rumah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah berkunjung, Mas. Nanti saya berkunjung balik :)

      Delete