[REVIEW BUKU] Kuantar Ke Gerbang: Kisah Cinta Ibu Inggit dan Bung Karno oleh Ramadhan K.H.

Bu Inggit dan Pak Karno
source: Kuantar Ke Gerbang

     “Aku mengikutinya, melayaninya, mengemongnya, berusaha keras menyenangkannya, meluluhkan-meluluhkan keinginannya. Namun, pada suatu saat, setelah aku mengantarnya ke gerbang apa yang dicita-citakannya, berpisahlah kami karena aku berpegang teguh pada sesuatu yang berbenturan dengan keinginannya. Ia melanjutkan perjuangannya seperti yang tetap aku doakan. Aku tidak berhenti mendoakannya – Inggit Garnasih”

          Ini buku roman berbau sejarah, sehingga gejolak yang terjadi sebelum masa kemerdekaan Republik Indonesia sedikit tergambar jelas di otak saya. Dan Subhanallah, Bu Inggit Garnasih mengingatkan saya pada loyalitas Siti Khadijah, istrinya Rasulullah Saw. Beliau selalu berada di sisi Pak Karno dalam keadaan apa pun tanpa terkecuali :').

      Jujur, saya baru tahu Bu Inggit sewaktu di bangku kuliah, pada saat saya berada di Bandung. Saya menemukan nama Jalan Inggit Garnasih. Selama masa SD-SMA, seingat saya nama Bu Inggit tidak pernah disebutkan dalam buku-buku pelajaran sejarah yang saya miliki. Yang ditulis hanya Bu Fatma, entah mengapa jadinya seperti itu.

     Terlepas dari endingnya yang menyebalkan buat saya T___T, sosok Bu Inggit mengajarkan saya dua hal krusial. Semoga saya nanti bisa memiliki loyalitas yang tinggi terhadap suami saya kelak seperti beliau, dan sikap BERJIWA BESAR seperti beliau :').
           


Share:

0 komentar