Resolusi Gagal Tercapai? Mungkin Ini Alasannya



Biasanya ketika sampai di penghujung tahun, sebagai orang kreatif, kamu akan menyusun resolusi untuk tahun berikutnya. Ketika tahun baru tiba, kamu sudah yakin dan semangat untuk melakukannya. Namun terkadang apa yang direncanakan tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Tiba-tiba resolusi yang dilakukan malah mandek di tengah jalan hingga ujung-ujungnya gagal tercapai. Macam-macam faktornya, bisa dari faktor eksternal, bahkan dari diri kamu sendiri.
Karena itu ada baiknya kamu mengevaluasi diri untuk tahu mengapa resolusi yang kamu buat tidak tercapai. Alasan-alasan di bawah ini kemungkinan bias jadi penyebabnya:

1.   Belum menemukan alasan yang kuat
Biasanya resolusi ada kaitannya dengan alasan yang membuatmu ingin melakukan perubahan itu. Jika alasanmu kurang kuat, maka kamu tidak akan bersemangat menggapainya, bahkan bisa jadi lupa. Karena itu kamu sebaiknya menemukan alasan kuat kenapa resolusi itu harus kamu capai di tahun ini. Jika kamu menemukan alasan yang kuat, meski kamu gagal pun, alasan yang kuat itu akan mampu membuatmu bangkit lagi dan bertahan.

2.   Kurang fokus
Kamu harus mengerti cara kerja kamu. Apakah kamu orang yang bisa mengerjakan beberapa tugas sekaligus, atau mengerjakan satu tugas sampai selesai kemudian baru melanjutkan tugas lain. Resolusi juga cara kerjanya sama seperti itu. Ada beberapa step yang harus kamu lakukan. Step-step itu pastinya sudah kamu ketahui. Terlebih jika kamu punya resolusi lebih dari satu yang ingin kamu capai selama setahun. Gunakan skala prioritas agar berimbang. Sesuaikan dengan cara kamu bekerja agar kamu bisa fokus.

3.   Tidak belajar dari ahlinya
Memang benar resolusi yang kamu gadang adalah milikmu, tapi tidak salah lho jika kamu belajar dari mereka yang sudah ahli atau mereka yang sudah berhasil menggapai resolusi yang sama denganmu. Meski kamu punya cara sendiri, tapi coba kamu lihat di sekitarmu, orang-orang sukses pun punya guru yang membimbing mereka untuk sukses. Dan tentunya kamu jangan pernah malu untuk bertanya.

4.   Suka menunda
Hal yang paling membuat kita terlena adalah waktu. Waktu senggang itu memang menyenangkan dan bikin lupa diri. Padahal sebenarnya bisa kamu isi dengan step-step yang telah kamu rencanakan untuk resolusi tahun ini. Misalnya, buat kamu yang kerja di bidang kreatif, menunda pekerjaan adalah hal yang berisiko. Apalagi jika kamu sudah merencanakannya dengan matang karena tugasmu termasuk proyek yang cukup besar. Ditunda sehari saja kerjaan kamu bakal berantakan, ujung-ujungnya jam begadang pun bertambah. Jika kamu bisa lakukan sekarang, lakukanlah!

5.   Mendengarkan pendapat orang
Ini termasuk racun bagi mereka yang pesimis. Pendapat di sini maksudnya pendapat yang negatif. Di luar sana banyak orang pesimis yang berusaha menularkan pesimisnya ke semua orang, termasuk kamu. Mereka pesimis bukan karena tidak mampu, namun karena usahanya tidak segiat kamu. Karena itu hentikan mendengarkan pendapat negatif si pesimis. Jadikan pendapat itu sebagai alasan bagi kamu untuk membuktikan bahwa kamu bisa. Percayalah bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil!

6.   Tidak yakin pada diri sendiri
Kamu semangat di awal, namun tiba-tiba kamu down beberapa bulan kemudian karena salah satu step yang dilakukan gagal. Akhirnya kamu pun tidak yakin akan berhasil menggapainya dan memutuskan berhenti untuk berusaha lagi. Kepercayaan diri juga kadang terpengaruh dari perkataan orang-orang yang meremehkan kamu. Padahal sebenarnya kamu memiliki kesempatan besar untuk membuat resolusimu jadi kenyataan. Kepercayaan diri ini penting untuk ditanamkan di sepanjang tahun. Karena itu kamu harus ingat bahwa semua orang memiliki hak yang sama untuk melakukan perubahan dalam hidupnya.


Share:

2 komentar

  1. Betul banget mba kadang ga fokus dan ga PD bikin resolusi berantakan

    ReplyDelete
  2. Saya biasanya bermasalah dengan waktu, senengane menunda. Jadi, resolusinya berantakan :(

    ReplyDelete