Bisa Ke Korea Selatan Gratis Berkat Bantuan IndiHome


            Tanggal 7 Agustus 2015 lalu itu hari yang nggak terlupakan buat saya. Gimana nggak? Di hari itu saya mendapatan kabar kalau saya menang lomba menulis yang hadiahnya trip ke Korea Selatan.
            Hari gini siapa sih yang nggak senang dapat hadiah jalan-jalan gratis? Apalagi ini adalah jalan-jalan pertama saya ke luar negeri, jadi ini dreams come true banget buat saya. Terus gimana saya bisa dapetin hadiah jalan-jalan gratis ke Korea Selatan?
            Waktu itu saya mengikuti ajang kompetisi menulis novel Korea Dalam Kata dan Rasa, Publisher Searching for Author 3 (PSA 3) yang diadakan Penerbit Grasindo (Kompas Gramedia Group) bekerja sama dengan Korean Cultural Center, Korean Tourism Organization, dan Hanin Post. Saya memang sudah lama banget punya hobi nulis novel.

Sumber: Grasindo
Dan Alhamdulillah saya berhasil mendapatkan juara pertama di kategori fiksi dewasa. Saya mengucapkan terima kasih pada semua sponsor yang menyelenggarakan lomba tersebut. Benar-benar nggak nyangka :’D
            Jujur aja saya speechless banget bisa menangin kompetisi ini dari ratusan naskah yang masuk. Soalnya saya sendiri bukan penggemar gila Korea yang ampe tahu seluk-beluk kehidupan Korea Selatan kayak gimana. Mulai dari bahasa, budaya, lokasi apanya lagi, saya nggak ada dapat bayangan satu pun. Waktu itu drama Korea yang saya tonton bisa diitung dari jarilah. Saya juga nggak update berita tentang Korea. Nama artis-artisnya aja banyak yang asing di telinga saya. Terus kok bisa dapetin juara pertama lombanya dan ke Korea Selatan?

Sumber: Grasindo.id
            Jadi ada satu non sponsor yang ngebantu banget pas saya riset tentang Korea Selatan, yaitu internet IndiHome yang merupakan salah satu produk Telkom Indonesia.
            Awalnya, saya udah langganan Telkom Speedy dari tahun 2009 dan sampai sekarang masih setia dong. Awalnya saya juga harus berantem dulu sama adik karena jaringan LAN di rumah kan cuma ada satu. Tapi sejak tahun lalu sudah menggunakan IndiHome sehingga kini jaringan internet di rumah saya bentuknya Wi-Fi. Saya pun saya bisa online kapan saja tanpa rebutan dulu sama adik.
            Ide ceritanya udah saya dapatkan. Tapi eksekusinya belum karena saya masih kebingungan soal lokasi, budaya, dan bahasa Korea Selatan. Jadi saya melakukan step-step di bawah ini demi bisa menuliskan novel yang lokasinya di Korea Selatan. Semua ini saya lakukan dengan bantuan internet IndiHome.

            Saya menulis novelnya dua bulan dibarengi dengan riset lokasi. Awalnya bingung banget mau menggunakan lokasi di mana. Saya udah rencana mau memasukkan 8 kota yang ada di Korea Selatan sesuai dengan outline cerita yang saya buat. Akhirnya setelah mencari-cari dapatlah Seoul, Daegu, Busan, Incheon, Seongnam, Ulleungdo, Damyang, dan Gwangmyeong. Nama-nama kotanya sangat asing buat saya. Tapi saya mudah mendapatkannya melalui internet.
            
           Setelah lokasi, yang saya harus ketahui berikutnya adalah budaya dan kebiasaan orang-orang Korea. Terutama untuk makanan khasnya, sama nama-nama orang Korea. Cari nama yang cocok sama karakter yang saya buat ternyata bikin puyeng juga.
            
            Untuk lebih menghidupkan karakter utamanya yang dari Korea Selatan, saya menyelipkan beberapa bahasa Korea ke dalam tulisan saya tersebut. Semuanya saya dapatkan dari internet yang sarananya disediakan IndiHome.
            Dan di bawah ini adalah manfaat-manfaat yang saya dapatkan saat menggunakan IndiHome.



1.      Murah meriah
Karena saya menggunakan paket internet keluarga, biaya pemakaian per bulannya pun hanya 225ribu rupiah per bulan. Murah banget, kan? :D
2.      Akses tanpa batas
Saya bisa mengakses topik-topik tentang Korea Selatan yang saya butuhkan, dan rata-rata websitenya punya domain Korea Selatan sendiri. Koneksinya pun lancar; risetnya bisa dilakukan dengan detail dan cepat sehingga saya mampu mengumpulkan novelnya sebelum tanggal deadline.
3.      Satu modem bisa digunakan maksimal 5 gadget
Karena sekarang modemnya bisa digunakan sebagai LAN dan Wi-Fi, sekarang kalau mau kalau online nggak pakai berantem dulu sama adik saya karena jaringannya kini bisa berbagi.
4.      Keluhan cepat ditanggapi
Modem internet saya pernah mengalami dua kali kerusakan. Tapi untungnya pihak Telkom bersedia mengganti modem itu dengan modem yang baru esok harinya setelah saya mengajukan keluhan. Ada petugas yang datang ke rumah. Dan penggantian modem ini tidak memakan biaya lho, biayanya sudah masuk ke biaya pemakaian.

            Kalau nggak pakai internet IndiHome nggak tahu deh saya gimana jadinya. Nggak mungkin juga saya langsung terbang ke Korea Selatan untuk riset doang karena pastinya kantong kering :’D. Dan ini adalah foto saya ketika sampai di Istana Gyeongbokgung, Seoul. Foto ini diambil oleh teman saya Mbak Zachira :D
           

            Sekarang nulis novel dengan setting luar negeri pun nggak perlu ke negaranya dulu. Cukup andalkan internet saja dari rumah. Dan tentu providernya harus yang memiliki kualitas bagus seperti IndiHome.
Saya berharap IndiHome bisa mewujudkan impian-impian indah lain yang dimiliki bangsa Indonesia. Terima kasih banyak IndiHome, kamu membantu saya mewujudkan cita-cita :D. #IndonesiaMakinDigital

Share:

6 komentar

  1. Keren pisan mba :) bisa tercapai impiannya semoga makin sukses y mba ^^
    ngomongin indihome saya di rumah juga pake xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe thanks, Mbak. Amin Ya Allah. Sukses juga buat Mbak ^^

      Delete
  2. Wah selamat ya kak.. Siapa sih yang nggak mau pergi ke korea. Semoga kemenangan berikutnya ada di pihak saya. Hehe Just kidding :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ya ^^. Amin, semoga keinginannya terkabul :D

      Delete
  3. Waah, beruntung sekali. Aku kapan ya T.T

    http://www.sugatangguh.com/2016/10/piala-pertama.html

    ReplyDelete