Toyama, Surga Tersembunyi di Pinggir Laut Jepang


Meski tidak sepopuler Tokyo yang berjarak 300 km darinya, Toyama memiliki kecantikan yang membuatnya istimewa. Wilayahnya yang berdekatan dengan Laut Jepang membuat Toyama kaya akan sumber daya alam bahari dan pemandangan menakjubkan tiada tara. 
Sumber wikimedia.org
            Jumlah penduduknya juga tidak sepadat Tokyo. Karena itu Toyama cocok didatangi oleh Anda yang mencari hiburan sekaligus ketenangan jiwa. Meski termasuk ke dalam kota kecil, sistem transportasi di Toyama termasuk maju sehingga memudahkan wisatawan mengeksplorasi setiap sudut kotanya dengan leluasa.
            Toyama memang berdekatan dengan lautan, namun Anda juga bisa menikmati pegunungan indah terkenal bernama Tateyama Kurobe. Hanya saja untuk saat ini saya akan membahas tempat wisata yang jarang tereksplor di Toyama. Walau wilayahnya tidak seluas Tokyo, Anda bisa menikmati berbagai jenis wisata di Toyama, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, dan wisata religi.
1.      Wisata alam
a.      Mikurigaike Pond

Sumber www.alpen-route.com
Merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 2405 m dari permukaan laut yang terletak di distrik Tateyama. Anda bisa menikmati pemandangan danau biru yang berpadu dengan hijaunya tumbuh-tumbuhan khas pegunungan. Danau ini biasanya tertutupi salju dari November hingga Juni, sehingga Anda hanya bisa ke sana antara bulan Juli hingga Oktober. Untuk masuk ke sini pun tidak dipungut biaya.
Agar bisa mencapai Mikurigaike, Anda tinggal jalan kaki dari Terminal Murodo yang menjadi jalur akses ke Tateyama Kurobe Alpine Route.
Alamat: 11 Kokuyurin, Bunazakagai, Ashikuraji, Tateyama-cho, Nakaniikawa-gun, Toyama.
Telepon: 076-462-9971.
b.      Air Terjun Shomyo dan Hannoki

Sumber www.world-of-waterfalls.com
Ternyata tidak hanya manusia, air terjun pun bisa memiliki kembaran. Seperti halnya Air Terjun Shomyo dan Hannoki di Toyama ini. Disebut juga sebagai Air Terjun Kembar karena letaknya yang berdekatan dan nyaris memiliki tinggi yang sama. Satu air terjun disebut dengan Shomyo Daki yang merupakan air terjun tertinggi di Jepang. Ketinggiannya mencapai 350 meter.
Sedangkan air terjun kembarannya dipanggil Hannoki no Taki. Namun air terjun ini hanya dialiri air pada bulan April sampai Juli saja. Paling bagus berkunjung ke sini saat musim panas tiba karena Anda bisa menikmati pemandangan kedua air terjun dengan jelas. Saat hujan turun, biasanya di sekitar sana akan tertutup kabut.
Anda bisa menikmati panorama elok si Air Terjun Kembar tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.
Untuk sampai ke air terjun unik ini Anda bisa naik bus Tateyama Kurobe Kankou (TKK) dari Stasiun Tateyama Chiho. Waktu yang dihabiskan pun hanya 20 menit saja.
Alamat: 11 Kokuyurin, Bunasakasato, Ashikuraji, Tateyama-machi, Nakaniikawa-gun, Toyama.
Telepon: 076-462-9971
2.      Wisata budaya
a.      Kastil Toyama
Sumber castles.niceworld.info
Bangunan cantik ini disebut juga dengan Kastil Azumi. Berada di jantung kota Toyama. Didirikan pada tahun 1543, namun karena menjadi peninggalan budaya yang berharga bagi Jepang, pemerintahan setempat pun merawatnya dengan baik.
Dengan mengunjungi kastil ini Anda bisa mengetahui bagaimana sejarah berdirinya kota Toyama. Anda juga akan disambut dengan pemandangan indah taman tanpa biaya sepeser pun. Taman di Kastil Toyama ini biasanya tambah cantik saat musim semi tiba karena bunga sakura mulai bermekaran.
Di dekat Kastil Toyama, ada juga Museum Sejarah Lokal Toyama dan Museum Memorial Sato yang terkenal dengan upacara minum tehnya. Tapi untuk masuk ke dua museum itu ada biaya yang harus Anda keluarkan. Jadi Anda bisa menikmati banyak lokasi wisata di satu tempat.
Untuk mencapai Kastil Toyama Anda bisa berjalan kaki dari Stasiun Toyama jalur JR Hokuriku.
Alamat: 1 Honmaru, Toyama-shi, Toyama 930-0081.
Telepon: 076-443-2111.
3.      Wisata edukasi
a.      Museum Literatur Koshinokuni

Hiroshi Ueda, Sumber www.archdaily.com
Bagi Anda yang memiliki ketertarikan di dunia sastra dan kepenulisan, museum ini patut dikunjungi. Di sini Anda bisa menikmati buku-buku yang semuanya berkaitan dengan Toyama. Berbagai macam genre disuguhkan di dalam gallery-nya yang cukup besar, mulai dari puisi hingga komik.
Desain arsitekturnya terbilang modern dan sedap dipandang. Membuat Anda betah berlama-lama di sana. Biaya masuk ke museum ini hanya dipatok 200 yen per orang.
Untuk mencapai Museum Literatur Koshinokuni Anda bisa berjalan kaki selama 15 menit dari Stasiun Toyama jalur JR Hokuriku.
Alamat: 2-22 Funahashi Minami-cho, Toyama-shi, Toyama 930-0095.
Telepon: 076-431-5492.
4.      Wisata religi
a.      Kuil Zuiryuji

Sumber www.wikimedia.org
Kuil Zuiryuji didirikan 400 tahun lalu saat era Maeda masih berkuasa di Jepang. Jalan menuju pintu masuknya memiliki banyak anak tangga, sehingga cukup melelahkan juga saat sampai di gerbangnya. Namun areanya yang begitu tenang dan cantik, membuat kelelahan yang Anda rasakan sirna seketika.
Jika Anda ingin pemandangan yang berbeda, Anda bisa mengunjungi kuil ini saat malam menjelang karena pencahayaan di sana membuat keelokannya bertambah berkali-kali lipat. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk masuk ke sini berjumlah 500 yen per orang.
Agar bisa sampai di Kuil Zuiryuji, Anda tinggal berjalan kaki selama 10 menit dari Stasiun Takaoka jalur JR Hokuriku. Akses ke sini memang termasuk mudah.
Alamat: 35 Sekihon-machi, Takaoka, Toyama, 933-0863.
Telepon: 0766-22-0179
            Setelah puas jalan-jalan, pastinya Anda akan merasa kecapekan. Hal yang paling tepat untuk membakar semangat jalan-jalan Anda kembali adalah makan. Tentunya Toyama menghadirkan berbagai macam makanan khas Jepang yang bisa dicicipi. Karena letaknya yang berdekatan dengan lautan, Toyama sangat dikenal dengan hidangan sushi-nya yang paling fresh dan lezat di seantero Jepang. Di bawah ini adalah restoran-restoran yang bisa Anda kunjungi, beserta menu andalannya.
1.      Matsuribayashi

Sumber よっしー♫ 
Restoran ini menjual segala macam sushi dengan model restoran kaitenzushi. Sushi dihidangkan secara prasmanan di sebuah meja berjalan. Sehingga Anda mudah memilih sushi yang diinginkan. Sushi adalah makanan khas Toyama yang wajib Anda cicipi.
Harga sushi yang dipatok di restoran ini termasuk murah karena Anda membayar sesuai dengan jumlah sushi yang Anda ambil per satuannya.
Alamat: 12-19 Oizuminakamachi, Toyama
Telepon: 076-422-4980.
2.      Boteyantanaka

Sumber buddy-
Salah satu restoran yang menyediakan makanan khas Jepang dengan harga miring. Menu utamanya adalah okonomiyaki, panganan dari tepung goreng yang berisi berbagai macam makanan seperti, udang, daging sapi, kol, cumi-cumi. Namun okonomiyaki yang dijual di Boteyantanaka berbentuk cukup besar dan tebal, sehingga akan membuat Anda cepat kenyang.
Alamat: 1-4 Sakuramachi, Toyama
Telepon: 076-442-2152.
3.      Toyama Black Ramen – Menya-iroha
 
Sumber www.theurbanwire.com
Dinamakan ramen hitam karena kuahnya yang berwarna hitam. Warna hitam tersebut berasal dari kecap yang dimasukkan ke hidangannya. Meski begitu rasa ramen ini tetap terasa pas. Selain mi, didalamnya terdapat ikan, daging, ayam, nori, daun bawang, dan telur. Merupakan makanan khas Toyama yang sangat digemari oleh wisatawan yang bertandang ke sana. Jadi saat ke Toyama jangan lupa mencicipi Toyama Black Ramen ya!
Alamat: 1.  CIC BIF, 1-2-3 Shintomi-cho, Toyama, 930-0002
              2. 1555-1 Hibari, Imizu, Toyama, 939-0351.
Telepon: 1. 076-444-7211
               2. 0766-56-0999
        Bagaimana? Apa Anda tertarik juga melakukan perjalanan ke Toyama? Anda bisa mengandalkan H.I.S Travel untuk perjalanan Anda yang lebih menyenangkan. H.I.S menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan domestik maupun internasional serta sebagai produk guna memudahkan wisata Anda.
            Terlebih saat ini H.I.S bekerja sama dengan ANA (All Nipon Airways), atau yang biasa disebut dengan HAnavi yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik plus hotel dengan harga yang MURAH MERIAH. Penerbangan bisa dilakukan dari Tokyo atau Osaka.
        Untuk keterangan lebih lengkap silakan kunjungi link Fanpage H.I.S Travel di sini https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia
            Yuk, liburan ke Jepang!
Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition

Share:

4 komentar