Behind The Scene Pembuatan Novel ‘W’

Behind The Scene Pembuatan Novel ‘W’

Hola, Guys.
            Saya menulis ini sekitar jam 3.30 pagi. Tadinya pengen nulis ini saat novelnya udah terbit aja. Tapi entah mengapa tangan saya agak gatel buat nulis. Plus untuk meredam kantuk saya, saya memutuskan curcol di sini :D.
            Oh ya, Alhamdulillah draft novel kedua yang saya tulis ini sudah di acc penerbit mayor yang ada di Yogyakarta. Kalau sudah sampai tahap final dummy novelnya, saya akan kasih tahu lebih detail lagi tentang proses penerbitan novel ini.
            Judulnya W.
            Lalu, kenapa bisa judulnya W?
            Awalnya terinspirasi W dari DBSK, aka TVXQ, aka Tohoshinki.
            Yep, saya adalah salah satu penggemar mereka. Tapi, saya nggak menamakan diri saya sebagai Cassiopeian sejati, soalnya nggak fanatik2 banget hehehe. Tapi, yang harus saya akui, lagu mereka keren2 \^^/.
            Okay, back to the main story.
            Saya membuat novel W kurang lebih tiga bulan. Satu bulan riset, satu bulan bikin draft novel sampai 25 bab (249 halaman), satu bulan editing. Dan semuanya saya tulis berbarengan dengan laporan magang yang sedang saya buat. Saya juga nggak ngerti dapat ilham dari mana ngerjain novel di kala lagi ruwet seperti itu. Thanks to Allah Azza Wa Jalla yang telah memberikan kekuatan. Yeay! :D.
Sebenernya saya paling nggak bisa buat cerita romance yang romantis, pasti ujung-ujungnya galau haha. Tapi akhirnya selama sebulan saya riset dulu, sekalian buat mindmapping ceritanya. Saya nonton film, nonton televisi, dan baca novel yang umur karakternya sesuai dengan karakter di novel saya. 
            Novel ini selain romance, saya juga bercerita tentang keluarga dengan dramatisasi yang kuat. Lengkap dengan persahabatannya.
            Jadi, novel ini mengandung unsur cerita à Romance, Family, Friendship, Dream, First Love.
            Karena saya nggak jago buat ilustrasi jadi secara fisik saya jelaskan begini deh ._,. Kenalan yuk sama karakter2nya:
1. Mutiara Lingga Karolina (Ute)
            Karakternya secara fisik, terinspirasi dari teman saya sendiri, Liddya Ganda Asmara hihihi. 
Punya kulit sawo matang. Kalau keluar lebih senang pakai kemeja, jeans, dan topi gatsby. Rambutnya panjang bergelombang, namun style-nya agak tomboy. Karakternya tegas, ambisius dan mementingkan dirinya sendiri, tapi dia kadang nggak percaya diri sama apa yang sudah dia putuskan. Suka sama film-film fantasi dan superhero. Cita-cita pengen buat film fantasi ala Indonesia.
2. Luthfi Zain Hekmansyar (Upi)
            Namanya saya ambil dari nama adik saya yang paling kecil, Sherly Eva Luthfia. Secara fisik, karakter ini terinspirasi dari Zayn Malik, One Direction :D. Punya mata yang indah dengan bulu mata lentiknya. Mukanya mirip orang India sono :3. Rambutnya bergaya fauxhawk, sering pake jaket kulit item, dan telinganya ditindik sebelah. Luthfi punya karakter nyentrik. Dia humoris, berani, dan frontal. Hobi ngegambar, ngebut-ngebutan dengan motornya, terus nonton film fantasi. Sekolah di jurusan DKV, tapi agak males sama lingkungan tempat kuliahnya jadi jarang masuk ._.. Pacar pertamanya Ute. Punya masa lalu yang cukup kelam yang mempengaruhi karakternya sekarang. Cita-cita; biarkan saja semuanya mengalir seperti air.
3. Fauzi Daniran (Uzi)
            Secara fisik terinspirasi dari dua orang, yang pertama Yoochun dari DBSK dan Kyuhyun dari Super Junior. XD. Asli Sunda. Punya muka baby face jadi orang sering salah nebak umurnya. Cuma bicara di saat diperlukan buat bicara. Polos dan jujur. Sifatnya lemah lembut dan naif. Rambutnya pendek hitam legam bergaya layer dengan poni menyamping. Punya hobi memasak dan cita-cita pengen jadi chef professional. Kenalan sama Mutiara di waktu yang nggak terduga. Punya masa lalu kelam juga dan sering merasa risih karena berada di bayang-bayang ayahnya yang seorang chef ternama.
4. Andini Daniran
            Namanya saya ambil dari sahabat sejati saya yang berasal dari Medan, Andini Fitri Lubis. Andini di sini adalah adiknya Fauzi J. Mirip banget sama kakaknya. Punya kulit putih, baby face, polos, dan jujur. Sayang banget sama Uzi, tapi kadang suka ngerepotin. Nggak bisa masak sarapan, yang sering masak malah kakaknya.
5. Sandora
            Namanya terlintas aja dalam benak saya. Saya juga nggak ngerti dapet dari mana nama itu. Sandora di sini berperan sebagai sahabat karibnya Mutiara yang pinter banget (calon dokter gigi), tapi punya hobi buat film makanya dia gabung di Forum Komunitas Film Bandung. Punya rambut ikal, giginya dibehel, dan suaranya cempreng. Dahinya yang jenong sering diledek sama Mutiara.
6. Agian
            Karakter antagonis. Namanya juga terlintas aja dalam benak saya. Dia adalah senior Mutiara di Forum Komunitas Film Bandung. Dan juteknya minta ampuuuunnnn…. Rambutnya pendek dan berpenampilan hampir sama kayak Mutiara. Cuma mukanya jarang tersenyum. Iri sama Mutiara yang punya tim sendiri untuk ngebuat film. Dia dijauhin temen-temennya sendiri karena terlalu perfeksionis dan nggak nerima pendapat.
Nah, itu karakter-karakternya.
            Sekarang saya akan kasih bocoran sedikit tentang lagu-lagu yang kerap menemani saya menulis novel ini. Kalau nulis saya selalu berusaha buat masuk ke dalam karakter-karakternya. Dan lagu adalah senjata saya buat mendapatkan feeling itu.
1. Holding Back The Tears by DBSK
            I’m holding back the tears.
            I walk trying to lessen the weight of my heart
            To a place that is neither close nor far
            Where a different me stands
            I will not cry
2. First Love by Jessa Zaragoza
          Once in a while
            You are in my dreams
            I can feel the warmth of your embrace
            And I pray that it will all come back to me
            If only you knew every moment in time
            Nothing goes on in my heart, just like your memories.
            And how I want here to be with you once more
3. You Are by JYJ
          And I am going to the right way for you
            I will run over there to the end of the sky
            Even though I lose my precious memories
            I will learn a new future
            So I can repay you for your love
4. Broke Promise Ring by The Ataris
          I guess that I’m wrong for falling in love
            But you’re still the one that I’m dreaming of
            I guess that it’s you I want to hold onto
            But you are holding onto someone else
5. The Grave by Don McLean
          The grave that the dug him had flowers.
            Gathered from the hillsides in bright summer colors.
            And the brown earth bleached white.
            At the edge of his gravestone.
            He’s gone….
Dan di bawah ini adalah puisi yang saya buat di novel ini :D
            W
          Akhirnya masa indah itu tiba.
            Masa-masa yang ditunggu kehadirannya.
            Ketika amarah berubah harmoni di dada.
            Ketika tangisan menjelma bahagia
            Ketika curiga menyublim percaya
            Yang jelas aku pantas bersyukur karena….
            Cintamu untukku ternyata masih ada…

Udahan ah curcolnya :D
Mohon doanya semoga proses penerbitannya lancar. Kalau sudah jadi nanti akan saya infokan kembali,
Ja ne :D
           


Share:

2 komentar

  1. Tebel banget, Mbak. 249 halaman :D Masih belum terbit ya, Mbak? Penasaran >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, gatau nih kayaknya bakal dipangkas sama Editor hehe. Iya belum, aku belum dapat kabar lagi kapan terbitnya :'D

      Delete