7 Hal Sederhana yang Saya Lakukan Agar Terus Semangat Menulis



            Keseharian saya diisi dengan menulis. Macam-macam jenis tulisannya. Dalam sehari saya pernah menulis artikel, beberapa scene skenario FTV, dan satu bab calon novel. Karena udah passion, saya asyik-asyik aja menulis ketiganya dalam waktu yang berdekatan. Namun nggak dipungkiri, saya juga sering mandek di tengah-tengah. Sementara itu deadline terus mengintai di depan mata. Tapi sejauh ini Alhamdulillah saya bisa menepati deadline-deadline menulis yang sudah ditentukan.
            Selain disiplin mengerjakannya, ada kegiatan-kegiatan sederhana yang sering saya lakukan agar bisa terus semangat menulis. Boleh banget disimak dan bisa diikuti karena tujuan saya memang sengaja untuk berbagi pengalaman. Ini dia kegiatannya
1. Menulis dari pagi
            Saya bukan orang yang suka begadang kalau bukan untuk hal yang penting. Saya memang pernah begadang, tapi buat selesain naskah skenario. Karena nggak begadang inilah saya bisa bangun pagi jam 4 dalam keadaan segar-bugar. Setelah melaksanakan ibadah solat Subuh, biasanya saya langsung nulis. Di waktu ini semangat nulis saya sedang kencang-kencangnya, jadi langsung dimanfaatkan sebaik mungkin.
2. Sarapan
            Biasanya saya nulis sampai jam 8 pagi. Setelah itu istirahat bentar buat makan. Makan ini penting biar bisa konsentrasi beraktivitas sampai nanti siang. Saya nggak pernah melewatkan sarapan karena kalau kelaparan biasanya saya jadi agak telmi hehe.
3. Menatap Gunung Salak dari loteng rumah
            Hal ini saya lakukan kalau lagi mandek ide atau lagi mumet. Gunung Salak ini sebenarnya jauh banget jaraknya dari rumah saya, tapi buat saya ia dari dulu punya keindahan tersendiri. Menatap pemandangan Gunung Salak biasanya bisa membuat pikiran saya lebih fresh. Pikiran yang fresh memudahkan saya mendapatkan ide yang saya butuhkan. Saya juga bisa sekalian menghirup udara segar.


4. Tidur siang
            Karena bekerja di rumah, saya jadi punya waktu tidur siang. Biasanya saya lakukan dari jam 11.30 sampai 12.30. Paling lama sejam. Hal ini saya lakukan buat me-reset tenaga. Sepengalaman saya tidur siang, setelah bangun bisa segar kembali seperti bangun di pagi hari. Semangat saya jadi ada lagi. Biasanya saya akan kuat lanjut menulis sampai malam.
5. Nonton drama Korea
            Saya melakukannya kalau nemu drama bagus aja. Biasanya saya lakukan di malam hari ketika kerjaan-kerjaan saya udah kelar. Nonton drama Korea ini sebagai hiburan buat saya yang nulis dari pagi sampai menjelang malam. Selain itu bisa menginspirasi saya juga membuat cerita drama yang bagus.
6. Membaca buku
            Sebagai penulis, membaca buku adalah kewajiban buat saya. Dari membaca saya menambah wawasan dan mendapatkan inspirasi. Selain menonton, membaca buku adalah cara saya untuk memancing ide baru.
7. Main di knowyourcolor.id
            Kalau otak saya lagi mumet banget, sementara pekerjaan saya belum kelar juga, biasanya saya mengalihkan perhatian sejenak dari kerjaan. Kemarin-kemarin saya meluangkan waktu berkunjung ke website knowyourcolor.id. Jadi di website tersebut kita bisa mencari tahu warna kepribadian kita dari beberapa pertanyaan yang diajukan. Dan saya mendapatkan warna putih.          
Begini penjelasannya:
Sumber: knowyourcolor.id

            Menurut saya ada yang sesuai dan ada yang nggak sih hihi. Teman-teman sekalian bisa lho uji warna kepribadian di knowyourcolor.id. Selain itu, saya jugalangsung jatuh hati sama kalkulator Casio-nya yang berwarna-warni. Ternyata kalkulator itu adalah produk terbaru dari Casio dengan tajuk Casio My Style Colorful Calculator. Wah warna kalkulator Casio My Style-nya cantik-cantik banget. Total ada 10 warna tersedia. Benar-benar Colorful Calculator
            Jadi kalkulator ini ada tiga jenis, Mini Desk Type digit 12, Mini Desk Type digit 10, dan Portable Type digit 10. Ini perbedaan bentuk dan ukurannya.

Sumber: casio-intl.com/asia/en/calc/mystyle/
            Ada diskon 20 persen lho buat teman-teman sekalian buat beli kalkulatornya. Harga kalkulatornya berbeda-beda tergantung ukuran. Teman-teman bisa menggunakan voucher #casiomystyle ini dan membelinya di mataharimall.com (klik link ini untuk membuka website-nya).



            Gimana? Cara saya buat semangat menulis sederhana banget, kan? Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Sampai jumpa lagi di tulisan saya selanjutnya ya ^^.  

Share:

1 komentar

  1. Semoga bisa segera launching novel perdananya ya mbak,,
    seneng banget kalo rutinitas setiap hari utk menulis tetap berjalan dengan stabil yah mbak, hhee
    Aku suka Casio warna biru mbak hee

    ReplyDelete