[MANGA OF THE YEAR] KINGDOM (キングダム) by Hara Yasuhisa



Hello, lama nggak jumpa :D. Setelah sekian lama akhirnya niat lagi nulis di blog dan sekarang bakal bahas manga/anime yang lagi aku suka banget >.<. Baru baca bulan Juni-Juli kemarin. Udah 500 chapter, jadi maratonnya pun menggila hahaha.
            Sebenarnya udah niat baca Kingdom dari tahun kemarin, tapi entah kenapa males-malesan gitu. Terus Juni kemarin iseng baca dan astagaaa! Kenapa aku baru baca manga keren ini?! Aakkk pokoknya kesel sendiri!
            Judul manganya mungkin pasaran banget ya, jadi pas searching di Google malah muncul Kingdom yang lain :’D. Tapi di Jepang manga ini termasuk sukses lho. Satu penerbit sama Tokyo Ghoul, Bungo Stray Dogs, Golden Kamuy dll (Young Jump, Shueisha). Genrenya buat para cowok dewasa. Agak gore (tapi nggak segore Tokyo Ghoul sih), fan service (ini juga nggak sering-sering amat soalnya karakter ceweknya dikit).
            Jadi Kingdom ini mengisahkan tentang era Warring States, peperangan antar negara di daratan China. Sebelum China bersatu seperti sekarang, dulunya China dibagi dalam beberapa negara dengan pemimpin kerajaan yang berbeda. Nah, kerajaan-kerajaan itu saling bertarung buat ngerebut wilayah/mempertahankan wilayah mereka.
            Satu kata buat manga ini. KEREN! Sebenarnya menurutku Kingdom cocok dijadiin manga Shounen, tapi pas baca sejarah tentang penyatuan daratan China akhirnya aku ngerti kenapa dimasukin ke genre Seinen. Buat yang nggak ingin tahu gimana ending ceritanya, diharapkan jangan baca sejarahnya yang berseliweran di internet, ntar kepalanya nyut-nyutan kayak kepalaku :’D.
            Kingdom ini tokoh utamanya Li Xin (Ri Shin), anak yatim piatu yang karena suatu peristiwa jadi terhubung ke Kerajaan Qin dan ingin membantu raja Qin, Ying Zheng (Ei Sei) menyatukan seluruh daratan China. Dari seorang yang nggak punya apa-apa, Li Xin akhirnya mampu menjadi seorang Jenderal Besar.
            Manga ini cerita perangnya sangat sangat banyak, tapi nggak akan bosen ngikutinnya soalnya pasti ada aja yang bikin gregetan dan baper. Yang ngebuat manga Kingdom keren adalah strategi perangnya itu lho. Ya ampun, aku sampai menerka-nerka ini mangakanya belajar strategi perang dari mana *.*. Terus birokrasi kerajaannya, kisah persahabatannya, kisah cintanya (yang ini baru Yin Zheng aja yang diceritain) menurutku sangat oke, Makanya manga ini kompleks banget.
            Sama kekuatan para tentaranya. Di sini nggak ada kekuatan-kekuatan magis, jadi lebih kerasa riil.
            Oke, sekarang kenalan sama tokoh-tokohnya yuk:
1. Li Xin (Ri Shin)
            Ini laki agak mirip Naruto -.-. Dodol, berisik, terus di awal cerita dia nggak bisa bikin strategi perang yang bagus. Kelebihannya itu pinter ngomong (terutama bangkitin semangat anak-anak buahnya), sama jago bertarung. Cita-citanya pengin jadi Jenderal Besar yang berhasil menyatukan seluruh daratan China. Karakternya menurutku menarik banget, walaupun yang kayak begini udah banyak di manga-manga lain.


2. Ying Zheng (Ei Sei)
            Raja yang ganteng wkwkwk dan peduli sama rakyatnya. Masih muda lho. Umurnya 22 tahun *.*. Meski masih muda pengetahuannya soal birokrasi pemerintahan cukup oke. Pernah berusaha dijegal beberapa kali sama orang yang menginginkan kekuasaannya, tapi ia mampu bertahan dengan cara yang baik dan fair. Semua Jenderal mau tunduk sama dia karena kharismanya.


            By the way, aku sangat salut banget sama Hara Yasuhisa-sensei yang ngebuat karakter cewek yang bisa seimbang sama cowok-cowok. Aku jarang ngeliat hal ini di kebanyakan manga yang dikhususkan buat cowok. Di manga-manga lain cewek-ceweknya yang ada kerjaannya ngejar-ngejar cowok, nangis karena merasa useless, atau cuma jadi love interest­-nya si tokoh utama. Tapi manga Kingdom beda, karena ceweknya jarang maka yang ada pun dibuat keren banget. Salah satunya ini dia.

3. Qiang Lei (Kyou Kai)
            Sebenarnya Yasuhisa Hara pernah bilang Kingdom punya dua heroine, tapi menurutku yang true heroine cuma Qiang Lei seorang wkwkwk. Kenapa? Soalnya kemampuan bertarungnya lebih hebat dari Li Xin. Ia bisa bikin strategi perang sendiri. Lahir dari Klan pembunuh, membuat Qiang Lei jago bertarung sejak kecil. Sejauh ini kalau lagi latihan bertarung, Li Xin nggak pernah menang dari Qiang Lei hahaha. Cita-citanya pengin jadi Jenderal Besar juga, terus pengin ngelahirin anaknya Li Xin >.<. Dia keliatan imut, tapi bisa ngebunuh belasan orang sekali tebas *.*


            Ugh, sayangnya manga keren ini belum dilisensi ke Bahasa Inggris sama Bahasa Indonesia. Pengin beli rilis resminya jadi susah. Sementara ini cuma bisa ngandelin internet buat baca huhuh.

            Buat kamu yang suka sama manga perang, Kingdom layak banget dibaca. Animenya juga udah ada, tapi menurutku manganya lebih keren sih soalnya animenya banyak scene yang dipotong hiks.

Share:

6 komentar

  1. alur cerita persis One piece, karkter utama kyak naruto or Luffy suka makan n perang..pokoknya mysterius alur strateginya gk bisa ditebak kyak OP..

    ReplyDelete
  2. Xin ama qiang lie semoga kyk wang qui ama lo apa sama ** jendral punya damai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaya wang qi ama liao.... Aku nyadar mereka kek penerusnya wang wang qi ama liao lara gara houken kepanggil ada keberadaan xin ama qiang Lei

      Delete
  3. Jangan lupakan cewe yg satu ini, Yang Duan He (Yotanwa), Ratu Gunung yang dijuluki sang dewa kematian, saat ini udah jadi salah satu 6 jenderal besar Qin

    ReplyDelete