8 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Liburan Musim Panas di Hokkaido

            

Mendengar kata Hokkaido, pasti kalian tahu dong ini ada kaitannya dengan Jepang. Siapa sih yang nggak kenal Jepang? Buat saya sendiri, Jepang merupakan negara yang istimewa. Saya sangat berterima kasih pada orang-orang kreatif Jepang yang telah membuat banyak anime bagus yang sudah saya tonton sejak umur 2 tahun. 
Makanya saya pengen banget ke Jepang, tapi sampai sekarang belum kesampaian :"D.
Terus yang paling saya pengen kunjungi itu Hokkaido, itu lho wilayah paling utara Jepang yang terkenal dengan salju super indahnya. Tapi saya kepengen banget mengunjungi Hokkaido pas di musim panas.
Sumber: zoomingjapan.com
Siapa bilang Hokkaido cuma asyik dikunjungi pas musim dingin saja? Wisata musim panas di Hokkaido juga ternyata nggak kalah seru lho. Apalagi buat kamu yang nggak terlalu suka kepanasan seperti saya >.<, cuaca Hokkaido di musim panas cukup adem dibandingkan cuaca di Tokyo dan sekitarnya.
            Selain itu banyak banget kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Hokkaido bareng teman-teman dan keluargamu.  Yang jelas kegiatan-kegiatan ini sayang banget untuk kamu lewatkan.

Sumber: weneedfun.com

            Karena Hokkaido adalah wilayah yang masih terjaga keasrian alamnya, liburan kamu di sana pun nggak jauh dari petualangan mengarungi alam. Cocok banget buat kamu yang memang senang dengan kegiatan alam terbuka. Lalu kegiatan seru apa saja yang bisa kamu lakukan di Hokkaido? Inilah daftarnya ^^/      

1. Naik Balon Udara di Niseko
Denger kata Niseko pasti kamu langsung keinget sama manga Nisekoi, kan? Hayooo, ngaku?!! ^o^. Tapi sayangnya Niseko ini tidak ada hubungannya dengan Nisekoi yang itu meski sama-sama berasal dari Jepang #hehe.
Sumber: powderhounds.com
Niseko berada di wilayah barat Hokkaido. Sebenarnya pas musim dingin lokasinya sering digunakan untuk main ski karena sebagian besar daratannya yang berbukit-bukit. Tapi di musim panas lebih banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Niseko. Salah satunya adalah naik balon udara.

Sumber: freshpowder.com, nisekotourism.com 

Belum pernah kan naik balon udara super besar? Itu tuh yang kayak di film-film. Nah, sekarang kamu bisa merasakannya saat musim panas di Niseko, Hokkaido. 
Kegiatan naik balon udara ini biasanya berbarengan dengan festival musim panas Matsuri, jadi kamu bisa sekalian menonton festival-festival keren itu. Wajar saja di musim panas kota ceria ini tetap ramai dikunjungi para wisatawan.
Sumber: Twitter @nisadeniseko
Yang paling seru dari naik balon udara ini adalah kamu bisa sekalian menikmati pemandangan di sekitar Niseko yang bakalan buat kamu terpana. Kamu pun seolah jadi bisa lebih akrab dengan Niseko. Ngebayanginnya aja udah keren, kan? 

Sumber: oac-japan.com

Untuk menaiki balon udara ini kamu harus membayar tarif sekitar 2.100 yen untuk dewasa, dan 1.800 yen untuk anak. Keterangan lebih lengkap bisa kamu dapatkan di sini http://www.niseko-ta.jp

2. Selfie-an sama bunga-bunga cantik
Taman bunga warna-warni ini merupakan wisata yang cukup terkenal di Hokkaido, dan hanya eksis di musim panas. Lokasinya berada di Furano yang terletak di bagian selatan Hokkaido. 
Sumber: furanotourism.com
Banyak taman yang bisa menjadi pilihan kamu, yang paling terkenal adalah Farm Tomita dan Saika Farm.

Sumber: jpnimfo.com
Sedetik memandangi taman ini saja dijamin bisa langsung buat kamu adem. Kamu bebas melihat bunga-bunga itu selama berada di taman. Ada lavender, tulip, azalea, dan bunga-bunga kece lainnya. Satu hal lagi yang bisa kamu lakukan di sini, yang pasti sangat kamu suka, yaitu selfie-an! Wah!

Sumber: picturequotes.com
Tapi jangan selfie-an sambil merusak bunganya ya, kamu juga harus bisa tertib di sini kalau mau pulang dengan lancar ke Indonesia hehe.  Oh ya, saat musim panas lokasi ini selalu ramai dan jalan menuju ke Furano biasanya sering macet. Jadi untuk kamu yang udah capek sama yang namanya macet bisa memilih perjalanan ke Furano di minggu pertama, kedua, dan keempat bulan Juli.

Sumber: tsunagujapan.com
Untuk keterangan lebih lengkap bisa kamu lihat di sini www.lavenderfurano.com

3. Bersepeda di Biei
Meski kamu sedang liburan, nggak ada salahnya jika kamu sekalian berolahraga buat menaikkan stamina. Dan olahraga bersepeda bisa menjadi pilihan kamu. Tapi sepeda di sini dijamin nggak akan buat kamu kelelahan, karena kamu melakukannya di Biei, sebuah kota kecil yang dipenuhi dengan perbukitan hijau yang termasuk ke dalam wilayah distrik Kamikawa. Lokasi Biei sendiri berada tidak jauh dari Furano.
Sumber: hokkaido-wedding.jp
Sumber: thailand.fun-japan.jp
Kamu akan dibuat terkesima dengan pemandangannya yang begitu alami. Hijau daratannya begitu menyatu dengan biru langitnya yang sangat kentara di musim panas. Sepanjang jalan kamu akan melihat permadani hijau yang berjejer dengan rapi. Dan bunga-bunga yang tumbuh dengan cantik. Masyarakat setempat memang sangat merawat ladang-ladang tradisionalnya dan bunga-bunga itu dengan baik. Karena banyak bukit di sini, tentunya bakal banyak angin yang lewat. Inilah yang membuat kamu akan tetap segar selama bersepeda di sini.
Sumber: japan-guide.com



Oh ya jangan lupa untuk berkunjung ke Kolam Biru Shirogane. Tidak dipungut biaya lho untuk masuk ke wilayahnya. Paling bagus berkunjung ke sini pas matahari lagi terang-terangnya karena kolamnya bakalan berwarna biru banget. ^^/
Sumber: Wikimapia
Untuk naik sepeda di Biei kamu membutuhkan sepeda yang bisa disewa di tempat yang tersedia tidak jauh dari JR Stasiun Biei. Harga sewa sepedanya rata-rata 200 yen per jam.
Keterangan lebih lengkap bisa dilihat di sini http://www.biei-hokkaido.jp 

4. Rafting di Sungai Super Jernih Furano Selatan
Kamu juga bisa basah-basahan lho di Hokkaido. Caranya adalah dengan mengikuti kegiatan rafting di Sungai Sorachi, Furano Selatan. Kegiatan ini bisa kamu lakukan di awal April hingga pertengahan Oktober. Rasakan sensasi derasnya jeram-jeram di sepanjang Sungai Sorachi. Meski kamu bakal dibawa terombang-ambing sekaligus kebasahan sampai ke seluruh badan, kamu pasti akan menemukan pengalaman yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Apalagi airnya yang jernih. Kamu nggak akan keberatan deh kecipratan air dari Sungai Sorachi ini.
Sumber: veltra.com

Fasilitasnya pun cukup lengkap karena kamu bisa menyewa alat-alat khusus rafting di sana, dan tentu saja ada guide yang akan menjaga keselamatan kamu selama melakukan rafting. Jadi keselamatan kamu sangat diperhatikan di sini.

Ingin mengetahui infonya lebih lengkap? Kamu bisa cek di sini www.alpn.co.jp/english/

5. Berburu Sunset di Pantai Rumoi Golden Cape
Satu hal yang nggak boleh kamu lewatkan saat musim panas, yaitu berkunjung ke pantai. Sebenarnya banyak pantai yang bisa kamu kunjungi di Hokkaido, namun Pantai Rumoi Golden Cape ini merupakan pantai yang punya pemandangan menakjubkan.
Berlokasi di sub perfektur Rumoi yang berada tepat menghadap ke Laut Jepang.
Sumber: tide-forecast.com



Buat kamu pencinta sunset, sayang banget jika tidak pernah berburu sunset di sini karena sesuai dengan namanya, warna sunset di sini nyaris sama dengan emas. Andai saja warna sunsetnya bisa diubah menjadi emas batangan ya. Pasti kamu bakal betah berada di sini selamanya.
Sumber: pashadelic.com
Keterangan lebih lanjut bisa kamu lihat di sini www.mlit.go.jp/kankocho/

6. Menikmati Gemerlap Kota dari Gunung Hakodate
Siapa di sini yang seneng banget sama suasana romantis? Duduk di sebuah tebing tinggi, menikmati pemandangan malam kota yang dihiasi ribuan kerlap-kerlip lampu yang tampak abadi. Gimana nggak keren coba? Apalagi jika kamu bisa menikmatinya dengan orang kesayangan. Wah! Nggak akan terlupakan pokoknya.
Sumber: japan-guide.com
Kegiatan seperti di atas bisa banget lho kamu wujudkan dengan mendaki Gunung Hakodate. Hakodate sendiri memang merupakan kawasan yang cukup terkenal di Hokkaido. Kota terbesar ketiga di bagian utara Jepang dengan santapan laut segar yang super banyak. Karena itu tidak mengherankan banyak wisatawan yang datang kemari. 
Sumber: justonecookbook.com
Maka, sebaiknya kamu berada di sini dari sore untuk mendapatkan spot yang bagus, apalagi jika kamu ingin mengabadikan pemandangan Kota Hakodate dengan kameramu.
Sumber: good-hokkaido.info
Info lebih lengkap mari berkunjung ke sini http://www.hakodate.travel/en/

7. Mengenyangkan perut dengan aneka makanan dari Salmon
Setelah melayang di langit, bermanja-manja dengan bunga, sepedaan di perbukitan, basah-basahan di sungai, mendaki gunung, dan berbagai kegiatan wisata seru lainnya, pastinya kamu butuh banget asupan energi.  Salah satu cara tercepat dan paling enak untuk menaikkan energi adalah dengan makan. Yang ini pasti tentunya kamu suka, kan?
Karena kamu sedang berada di Hokkaido, jangan lupa untuk merasakan makanan-makanan khas Hokkaido yang oke punya. Hokkaido sendiri kaya akan hasil lautnya. Salah satunya adalah salmon. Salmon ini bisa dijadikan macam-macam menu lho. Seperti Chan Chan Yaki yang disebut juga sebagai Salmon Hotpot. Makanan ini terdiri dari kuah miso yang berisi salmon dan berbagai macam Sayuran. Rasanya maknyos!
Chan Chan Yaki. Sumber: achronicleofgastronomy.com
Selain itu ada lagi ramen khas Hokkaido, Ishikari Nabe. Isinya juga menggunakan salmon sebagai bahan pelengkap, tidak lupa kuah miso yang dijamin membuat kamu ingin nambah lagi dan lagi.
Ishikari Nabe. Sumber: fluentu.com
Yang paling unik adalah Ruibe. Jika dilihat sekilas, menu makanan ini mirip dengan sashimi. Tapi menu makan ini sudah ada ratusan tahun lho di Hokkaido. Merupakan menu makanan yang diwariskan oleh Suku Ainu.
Ruibe. Sumber: guardian.com
8. Membeli ‘Cinta Putih’ untuk dibawa pulang ke Indonesia
Agar disayang keluarga, tentunya kamu kembali ke Indonesia wajib tanpa tangan kosong. Maka dari itu untuk membuktikan cinta kamu kepada orang-orang tersayang, kamu patut membawa Cinta Putih yang hanya ada di Hokkaido itu.
Sebenarnya apa sih Cinta Putih itu? Kok cinta bisa dibawa-bawa sih? Memangnya rantang kue?! ^0^. Eh tapi, si Cinta Putih ini memang beneran kue lho. Biasa dikenal dengan sebutan Shiroi Koibito. 
Sumber: guidea.com
Shiroi Koibito sendiri memang menjadi camilan khas Hokkaido. Bentuknya mirip dengan kue lidah kucing yang dipadukan jadi satu. Isinya ada dua macam, yaitu cokelat putih dan cokelat hitam. Yummy!
Sumber: rakuten.co.jp
Rasanya kayak ada yang kurang jika kamu tidak kembali ke Indonesia dengan Cinta Putih. Mana tahu dengan membawa Cinta Putih pulang-pulang dari Jepang langsung ada yang nyantol sama kamu karena ikut ketiban cinta, cieeee! :D.
Untuk keterangan lebih lengkap yuk kunjungi official webnya 
http://www.ishiya.co.jp/language/en/shiroi_koibito/

Akses/ Transportasi ke Hokkaido:

Lalu bagaimana caranya untuk sampai ke Hokkaido? Patokannya adalah Tokyo. Sekarang ada beberapa alternatif transportasi dari Tokyo yang bisa kamu pilih untuk sampai ke Hokkaido. Ini lah alternatifnya:
1. Pesawat, jauh lebih cepat, wuuuuusss!
Dari Tokyo ke Hokkaido menggunakan pesawat hanya memakan waktu 1 jam 30 menit. Biasanya tarif untuk satu kursi memakan biaya antara 7.990 – 37.790 yen. Memang cukup mahal, tapi setara dengan kebutuhan waktu yang kamu inginkan.
Sumber: insidejapantours.com

2. Shinkansen jurusan Tokyo – Hakodate
Jalur ini baru dibuka lho bulan Maret kemarin. Dari Tokyo ke Hokkaido dengan shinkansen memakan waktu empat jam. Cocok buat kamu yang tidak terlalu dikejar waktu dan ingin menikmati pemandangan alam Jepang selama dalam perjalanan. Sekali jalan tarifnya mencapai 22.640 yen.
Sumber: japantimes.co.jp
3. Rental mobil
Atau jika kamu ingin petualangan yang lebih menegangkan, kamu bisa menyewa mobil dan berkendara sendiri menuju Hokkaido. Syaratnya cuma satu, kamu harus mahir mengendarai mobil. Waktu yang ditempuh menggunakan mobil mencapai 17 jam. Biayanya juga cukup mahal, yaitu sekitar 20.000 yen. Belum lagi kamu harus naik feri dari Aomori ke Hakodate, itu juga memakan biaya 20.000 yen.
Sumber: japan-guide.com

Kayaknya ribet ya? Biar kamu nggak ribet gunakan saja fasilitas travel yang disediakan oleh H.I.S Travel :D.
H.I.S. Travel  menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata kamu, dan hal itu menghadirkan HAnavi.
HAnavi sendiri adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang.
HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.
Lalu kenapa harus HAnavi:
1. Kamu bisa menghemat waktu di perjalanan dengan naik pesawat, dengan jadwal penerbangan yang dapat kamu pilih sesuka hatimu.
2.   Dapatkan paket tiket penerbangan domestik + hotel dengan diskon besar-besaran.
3. Tersedia beragam pilihan kombinasi jaringan domestik dan hotel sesuai dengan rencanamu. Kami menawarkan 800 penerbangan dan 3500 hotel yang bisa kamu pilih sesukamu.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!
Keterangan lebih lengkap yuk kunjungi H.I.S Travel di sini
Customer Service: 021-5741701 (Senin - Sabtu, 9.00 - 17.00)

Dan yang paling keren nih, H.I.S Travel dan Kawaii Beauty Japan bekerja sama mengadakan lomba menulis artikel dengan hadiah trip ke Jepang GRATIS, YEAY! Mau tahu gimana cara ngikutinnya? Klik aja BANNER di bawah ini ^^/

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

Share:

4 komentar

  1. Mupeng banget pengen selfie sama bunga di Furano mbak.... Mudah-mudahan kesampaian ya bisa ke sana ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mbak, terima kasih sudah berkunjung ^^. Iya pengen banget >.<. Amin Ya Allah ^0^

      Delete
  2. Saya jatuh cinta sama tulisan mba sejak baca buku mba Dae-Ho's Delivery service :)
    salam kenal y mba semoga sukses selalu ^^

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah baca Dae-Ho, Mbak ^^
    Amin Ya Rabb

    ReplyDelete